Angkringan Kopi Jos Pak Hendrix, Alternatif Makan Murah di Area Malioboro

Nggak perlu pusing nyari tempat makan murah di sekitar Malioboro, Millens. Angkringan Kopi Jos Pak Hendrix ini bisa jadi alternatifnya.

Angkringan Kopi Jos Pak Hendrix, Alternatif Makan Murah di Area Malioboro
Angkringan Kopi Jos Pak Hendrix berada di seberang Stasiun Yogyakarta. (Inibaru.id/ Ida Fitriyah)

Inibaru.id – Jalan-jalan dengan bujet rendah, siapa sih yang nggak pengin? Barangkali ini dambaan semua orang terutama para backpacker yang punya bujet ngepas. Bisa-bisa saja kok berlibur dengan bujet kecil, asal kamu bisa mengatur transportasi dan akomodasi sedemikian rupa, termasuk konsumsi.

Terkadang, para pelancong kehabisan uang gara-gara harga makanan di tempat wisata yang melambung tinggi. Harga yang dipatok biasanya lebih tinggi daripada harga di pasaran atau di warung biasa yang cukup jauh dari pusat wisata.

Namun, bila kamu berkunjung ke Yogyakarta, tepatnya ke Malioboro, dana untuk konsumsi bisa kamu tekan, kok. Nggak jauh dari Malioboro, terdapat angkringan kopi jos berjejer yang menyediakan makanan dan minuman dengan harga terjangkau.

Angkringan Kopi Joss Pak Hendrix selalu ramai pengunjung hingga larut malam. (Inibaru.id/ Ida Fitriyah)

Salah satu angkringan itu adalah Angkringan Kopi Jos Pak Hendrix. Angkringan ini berlokasi di Jalan Margo Utomo, persis di belakang Stasiun Yogyakarta. Dari Jalan Malioboro, kamu hanya perlu ke arah utara menyeberangi rel kereta api Stasiun Tugu Yogyakarta.

Baca juga: Paduan Arang dan Kopi Hasilkan Kopi Jos Khas Yogyakarta

Di angkringan yang sudah ada sejak 2009 ini, kamu bisa menikmati beragam hidangan seperti nasi kucing, aneka satai, dan minuman andalannya, kopi jos.

Aneka satai yang ada di Angkringan Kopi Jos Pak Hendrix. (Inibaru.id/ Ida Fitriyah)

“Aneka satai ada telur puyuh, ayam. Aneka nasi, ada rendang, teri hijau, gorengan,” ujar pemilik angkringan Hendrik menjelaskan menu warungnya.

Dengan konsep angkringan, makanan dan minuman di sini dijual dengan harga terjangkau. Untuk sebungkus nasi kucing (nasi rames porsi mini), kamu hanya perlu membayar Rp 3500 sedangkan aneka satai Rp 3 ribu per bungkus. Harga minumannya pun murah yakni sekitar Rp 3 ribu hingga Rp 6 ribu.

Harga yang murah ini, kata Hendrik karena pihaknya masih mengusung tema angkringan yang terkenal murah. Saking harga makanannya murah, padahal termasuk di area wisata, nggak jarang pengunjung yang bertanya-tanya.

Aneka satai bisa dihangatkan sebelum dihidangkan. (Inibaru.id/ Ida Fitriyah)

“Banyak orang yang bilang , seperti orang Jakarta atau kota-kota besar itu mereka sering bilang ‘Ini nggak salah? Kok murah banget’ saat membayar. Saya kan sering mendampingi kasir jadi tahu beberapa pelanggan heran.  Kita malah kaget,” imbuh pemilik nama lengkap Hendriyanto itu.

Nah, kalau berkunjung ke sini, jangan lupa jajal kopi josnya, ya. Kopi jos ini disajikan dengan cara yang berberda, Millens. Wedang kopi yang selesai diracik dicampuri arang yang masih membara. Tenang saja, rasanya enak, kok.

Baca juga: Beragam Manfaat dari Celupan Arang Membara ke Dalam Seduhan Kopi Joss

Eits, tapi saya sarankan duduknya nggak mepet dari tempat pembuatan kopi ya. Sesekali, abu dari arang yang dibakar terhempas ke arah lesehan pojok. Jadi, serasa ada salju hitam gitu. Ha-ha!

Oh iya, kalau punya bujet lebih, kamu bisa pesan aneka makanan laut di kedai kopi Pak Hendrix ini. tinggal pesan makanan laut yang kamu suka, nanti pelayannya akan mengantar makanan ke tempatmu duduk. Praktis, kan?

Hm, jadi nggak sabar nih buat ke Malioboro lagi! (Ida Fitriyah/E05)

 

Angkringan Kopi Jos Pak Hendrix

Kategori: Street Food

Jam buka: 16.00–02.00 WIB

Harga makanan: Rp 3 ribu-Rp 3,5 ribu

Harga minuman: Rp 4 ribu-Rp 7 ribu