Anak Mulai Bosan Ikut Sahur? Coba Deh Menu Sahur Sehat Ini

Anak Mulai Bosan Ikut Sahur? Coba Deh Menu Sahur Sehat Ini
Nasi goreng bisa jadi menu sahur sehat bagi anak-anak. (Inibaru.id/ Isma Swastiningrum)

Kalau cuma diberi makanan yang itu-itu saja, anak-anak pasti bosan. Nah, biar nggak mudah bosan dan tetap bisa makan sehat, coba deh menu sahur sehat buat anak berikut ini.

Inibaru.id – Menu sahur sehat sering kali identik dengan makanan-makanan dengan rasa yang kurang lezat. Hal ini tentu bikin pusing banyak orang tua karena tentu anak-anak mereka nggak akan begitu menyukainya. Padahal, kalau mau cermat, sebenarnya banyak lo menu sahur sehat dengan rasa yang mantap.

Nah, biar anak-anak semakin bersemangat untuk santap sahur, coba deh menu sehat sahur berikut ini.

1.       Chicken Katsu

Chicken katsu. (Flickr/

Max Wei)
Chicken katsu. (Flickr/ Max Wei)

Namanya juga anak-anak, pasti suka deh dengan berbagai jenis olahan daging ayam. Sayangnya, kalau kamu masak ayam goreng melulu, anak juga bakal bosan, deh. Nah, biar anak nggak mudah bosan, coba deh kamu mengolah ayam dengan cara yang berbeda. Caranya adalah dengan membuat chicken katsu.

Membuat chicken katsu itu nggak sulit kok Millens. Kamu tinggal menyiapkan fillet dada ayam yang sudah pipih. Setelah itu, baluri dengan campuran tepung bumbu, telur yang sudah dikocok, serta tepung panir. Setelahnya, ayam pun tinggal digoreng.

Biar rasanya jadi lebih nikmat, kamu bisa menambahkan irisan daun bawang dan saus. Dijamin anak-anak pasti akan menyantapnya dengan lahap saat sahur.

2.       Omelet Keju

Omelet keju. (Flickr/

Kakei.R)
Omelet keju. (Flickr/ Kakei.R)

Sebenarnya, menu yang satu ini adalah olahan turunan dari telur. Jika biasanya kamu memasak telur ceplok, telur dadar, atau telur rebus, cobalah membuat omelet keju yang memiliki rasa lebih nikmat dan menarik. Nah, biar jadi lebih sehat, kamu juga bisa lo menambahkan sayur, daging, jamur, irisan tomat, dan lain-lain.

Jangan kaget deh kalau anak jadi minta nambah kalau dimasakin lauk ini, ya Millens.

3.       Nugget Dori

Nugget dori. (Flickr/ Arnaud Dessein)
Nugget dori. (Flickr/ Arnaud Dessein)

Nugget memang bisa kamu beli dengan mudah di toko makanan beku kemasan. Hanya, nggak salah juga kalau kamu membuat nugget sendiri. Bahannya tapi yang sehat, ya, yakni daging ikan dori.

Cara membuatnya mudah, kok. Kamu tinggal memotong daging ikan dori. Taburi daging ikan ini dengan bubuk bawang putih serta garam. Setelah itu, kamu tinggal membalurinya dengan tepung sagu, telur yang dikocok, serta tepung panir. Nah, nugget dori pun sudah siap untuk digoreng.

Rasa nugget dori tentu beda dengan nugget instan. Anak-anak pasti jauh lebih menyukainya, deh.

4.       Nasi Goreng

Nasi goreng. (Flickr/

Chun Yeong Lim)
Nasi goreng. (Flickr/ Chun Yeong Lim)

Menu sejuta umat kalau sudah nggak ada ide lain ini pasti disukai siapa saja, termasuk anak-anak. Hanya, kamu bisa kok membuat nasi goreng yang lebih nikmat. Caranya, coba deh kamu menambahkan bahan-bahan makanan pendamping seperti sosis, selada, tomat, telur, atau kerupuk.

Biar makin mantap, kamu juga bisa lo menambahkan potongan nori di atas nasi goreng. Siapapun pasti bakal suka, deh.

Wah, dari semua menu sahur sehat ini, mana yang paling kamu suka dan ingin segera kamu coba, nih, Millens? (Pop/IB09/E05)