Alternatif Makanan Selain Ketupat untuk Lebaran

Alternatif Makanan Selain Ketupat untuk Lebaran
Lontong, alternatif pengganti ketupat saat Lebaran. (Freepik)

Bosan dengan ketupat untuk disajikan saat Idulfitri? Ada lo sejumlah alternatif makanan yang bisa kamu coba saat Lebaran. Apa saja, ya?

Inibaru.id – Di Indonesia, Lebaran identik dengan ketupat, opor ayam, dan lauk-pauk khas Idulfitri lainnya.

Namun, terkadang kamu bosan dan pengin sesuatu yang baru. Nah, kalau lagi nggak pengin masak ketupat, bisa kok memasak penganan lain yang bisa jadi alternatif ketupat. Apa saja, ya?

Lontong

Lontong sering dianggap sebagai salah satu ‘kembaran’ ketupat. Meski begitu, ketupat dan lontong memiliki perbedaan. Sama-sama dari beras, ketupat dibungkus dengan janur kelapa, sementara lontong dibungkus dengan daun pisang. Hal ini membuat aroma lontong pun jadi lebih khas.

Lontong tuyuhan, makanan khas Rembang yang cocok disajikan saat Lebaran. (Ksmtour)
Lontong tuyuhan, makanan khas Rembang yang cocok disajikan saat Lebaran. (Ksmtour)

Lontong cocok untuk dijadikan pendamping opor ayam saat Lebaran atau bahkan satai. Bahkan, di pinggir jalan, banyak penjual lontong sayur dengan rasa gurih untuk sarapan pagi. Jadi, kalau kamu bosan dengan ketupat, bisa kok memasak lontong karena dijamin rasanya juga mantap.

Buras

Dari namanya, buras sekilas mirip dengan beras, bahan utama dari nasi yang merupakan makanan pokok sebagian besar orang Indonesia. O ya, buras ini ternyata makanan khas Bugis, lo. Meski begitu, kini buras juga dikenal di banyak daerah lain di Tanah Air.

Buras. (Shutterstock/Antomuda)
Buras. (Shutterstock/Antomuda)

Buras adalah kombinasi olahan beras dan santan. Dari rasanya saja, sudah kebayang ya gurihnya. Nah, buras ini bakal terasa sangat nikmat kalau disajikan dengan opor ayam atau disiram dengan bumbu kacang. Makin mantap, deh.

Lemang

Kalau yang satu ini sih makanan khas Kalimantan Barat. Bahan utamanya beda dengan nasi yang biasa kita makan karena berasal dari beras ketan putih. Menariknya, beras ketan putih ini diolah dengan santan sampai setengah matang saja.

Lemang. (Instagram/Pennylaurafs)
Lemang. (Instagram/Pennylaurafs)

Setelahnya, beras ketan putih ini kemudian dibungkus dengan daun pisang dengan bentuk memanjang. Setelahnya, penganan ini dibakar di dalam batang bambu. Duh, sudah kebayang ya nikmatnya seperti apa?

Menariknya, lemang memang sudah terkenal di Kalimantan sebagai penganan khas Hari Raya. Jadi, kalau kamu mengolahnya pada momen Idulfitri untuk dijadikan pengganti ketupat, jelas bakal cocok.

Patlau

Patlau. (daengpajoka.com)
Patlau. (daengpajoka.com)

Masih merupakan makanan khas Kalimantan, tepatnya dari Kota Pontianak, Kalimantan Barat, patlau sering disajikan pada perayaan-perayaan hari besar seperti Idulfitri. Menariknya, makanan yang mirip dengan lontong ini juga sering disajikan bareng dengan opor ayam atau rendang.

Bahan utamanya sama dengan lemang, yakni beras ketan putih yang dicampur santan. Bahkan, cara pengolahannya juga mirip karena dibungkus dengan daun pisang. Bedanya dengan lemang, patlau direbus, bukannya dibakar di dalam bambu.

Kalau kamu, tetap masak ketupat di Hari Raya Idulfitri atau memilih untuk memasak makanan lain, nih, Millens? (Kum/IB09/E05)