Agar Sayuran Bertekstur Bagus, Gimana Cara Blansing yang Benar?

Agar Sayuran Bertekstur Bagus, Gimana Cara Blansing yang Benar?
Merebus aspargaus sesaat agar mendapatkan tekstur dan warna yang lebih bagus. (Seriouseats)

Melalui blansing, sayuran akan bertahan lebih lama saat disimpan di kulkas, yakni hingga 8-12 bulan. Hm, tertarik?

Inibaru.id - Blansing, ada juga yang menyebutnya blansir, menjadi teknik favorit yang digunakan di dapur untuk membuat sayuran bertahan lebih lama saat disimpan di kulkas. Cara kerjanya sederhana, yakni dengan mencelupkan, merebus, atau mengukus bahan makanan dengan air di bawah suhu 100 derajat Celsius.

Proses blansing membuat enzim pembusuk tidak aktif. Ini juga sekaligus berguna untuk membersihkan bahan dari kotoran, menghilangkan gas-gas dalam jaringan tanaman, melayukan atau melunakkan jaringan tanaman, serta menghilangkan aroma makanan yang kurang diinginkan.

(Baca Juga: Lebih Tahu Tentang Blansing, Teknik Mempercantik Sayuran dengan Mencelupkannya ke Air Panas)

Pada sayuran tertentu, blansing juga berguna untuk menghilangkan lendir yang terkandung di dalamnya. Namun, lebih dari itu semua, salah satu fungsi blansing adalah untuk memperbaiki warna sayuran atau buah.

Nah, persiapan apa yang harus dilakukan saat blansing, yuk menyimak!

  • Mempersiapkan Bahan

Setelah menentukan sayuran yang akan diblansing, segera cuci bahan makanan tersebut, lalu tiriskan. Setelah itu, sortir sayuran, lalu potong-potong agar memudahkan saat melakukan perebusan atau pengukusan.

  • Proses Blansing

Ada dua cara blansing, yakni dengan merebusnya (blanching) atau mengukusnya (steam-blancing). Teknik keduanya nggak jauh berbeda kok.

Dalam blanching, sayuran yang telah dipotong-potong dimasukkan ke blancher atau keranjang kawat. Kemudian, masukkan wadah itu ke dalam panci berisi air mendidih. Kalau nggak punya blancher, kamu bisa mencelupkannya langsung ke air mendidih.

Kemudian, untuk steam-blancing, sayuran diletakkan di atas air mendidih. Pada teknik ini, bahan makanan tidak bersentuhan dengan air mendidih, karena uap panaslah yang digunakan untuk "mematangkan" bahan makanan.

  • Jaga Suhu

Begitu sayuran masuk ke air atau uap mengepul, segera tutup wadah dan mulai menghitung waktu blansing. Jaga suhu agar tetap berada pada posisi yang stabil selama waktu yang kamu tentukan.

  • Dinginkan

Sebaiknya kamu sudah menyiapkan air es sebelum proses blansing dilakukan. Yap, ini karena begitu selesai dipanaskan, bahan makanan harus segera didinginkan dengan memasukkannya dalam wadah berisi air es. Aduk sayuran beberapa kali selama proses ini.

dinginkan segera di air es atau air dingin (60 ° F atau lebih) untuk waktu yang sama yang digunakan dalam blansing. Aduk sayuran beberapa kali selama proses ini.

  • Keringkan dan Kemas

Setelah dingin, segera keringkan sayuran, lalu kemas dengan dry pack atau tray pack. Setelah itu, masukkan sayuran ke dalam freezer dan biarkan beku.

(Baca Juga: Biar Pas, Berapa Lama Waktu yang Tepat untuk Blansing?)

Gimana, mudah, bukan? Kamu bisa mencobanya sendiri di rumah. Namun, kudu diingat, jangan ditinggal main gawai ya saat blansing! (IB20/E03)