Agar Bahan Makanan Awet, Terapkan Dulu Cara-Cara Ini, yuk!

Supaya bahan makanan bisa awet, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan di dapur. Cara-cara ini nggak ribet dan bisa bikin makananmu tambah enak. lo. Gimana caranya?

Agar Bahan Makanan Awet, Terapkan Dulu Cara-Cara Ini, yuk!
Mengelola bahan makanan dengan tepat bikin lebih awet dan enak, lo. (envato.com)

Inibaru.id – Mengolah bahan makanan agar awet bukanlah hal yang sulit. Namun, jika nggak memiliki pengetahuan yang cukup, ini akan terasa merepotkan.

Kalau kamu termasuk orang yang malas memilah bahan-bahan memasak, mulai sekarang hentikan kebiasaan itu, ya. Dengan memilahnya, bahan makanan bisa jadi awet, lo. Selain itu, waktu memasakmu juga jadi lebih efisien.

Hm, kalau masih bingung, berikut cara-cara mengolah bahan makanan supaya awet.

Blansir

http://stockarch.com/files/13/09/carrot_preparation.jpg

Blasir bikin nutrisi dan warna makanan nggak hilang. (stockarch.com)

Supaya nutrisi dan warna sayuran padat nggak hilang, kamu perlu melakukan blansir. Caranya mudah, kok. Sebelum dimasak, potonglah sayuran sesuai ukuran yang kamu inginkan. Setelah itu, rebuslah sejenak selama tiga atau empat menit, lalu angkat dan tiriskan.

Sesudah itu, masukkan sayuran ke dalam mangkok berisi air dan es batu, lalu tiriskan sampai kering. Kalau sudah kering, dalam wadah tertutup, simpanlah di freezer! Ini bikin sayuranmu awet selama tiga sampai empat minggu, lo.

Kukus

https://i.ytimg.com/vi/M_sF6NnEiJ8/maxresdefault.jpg

Kukus bikin tahu dan tofu lebih awet. (ytimg.com)

Tahu menjadi bahan makanan yang awet disimpan jika dikukus lebih dulu. Setelah dicuci dengan air mengalir, kukus tahu selama 10-15 menit.

Nah, kalau sudah selesai dikukus, tunggu sampai dingin dan simpan dalam wadah tertutup di kulkas. Tahumu bakal awet sampai 10 hari.

Sangrai

http://1.bp.blogspot.com/-XpWFLt-lYw4/UIDWtcmqziI/AAAAAAAACUQ/o0QCEoCYdgc/s1600/DSC_0989.JPG

Kemiri. (thanhskitchen.com)

Cara lain supaya bahan makanan awet adalah menyangrainya. Nah, metode ini bisa kamu terapkan pada bumbu seperti ketumbar, kemiri, dan terasi. Supaya nggak lengkel, jangan lupa gunakan wajan anti lengket, ya!

Jemur

https://i2.wp.com/themotherinlawskitchen.com/wp-content/uploads/2013/08/Tomato_Salad4.jpg?resize=700%2C466&ssl=1

Kadar air dalam bawang bisa dikurangi dengan cara dijemur. (themotherinlawskitchen.com)

Bawang merah bakal lebih awet kalau kamu menjemurnya terlebih dahulu. Nggak usah lama-lama, cukup 30 menit saja bakal bikin bawangmu awet selama 10 hari.

Bumbui lalu Bekukan

https://www.familyfreshmeals.com/wp-content/uploads/2018/05/Fully-Loaeded-Burger-Bowls-raw-ground-beef-in-a-glass-bowl-with-seasoning.jpg

Bumbui dulu, baru simpan di kulkas! (familyfreshmeals.com)

Daging bakal lebih awet kalau mengungkepnya lebih dulu. Selain awet, rasanya juga bakal lebih lezat karena bumbu meresap sempurna. Hm, jadi makin lahap dong makannya!

Eh, yang nggak kalah penting selama melakukan metode-metode itu, pastikan dapurmu selalu bersih, ya! Percuma awet kalau nggak bersih dan justru bikin sakit. Sepakat? (IB15/E03)