Adon-adon Coro Minuman Khas Favorit RA Kartini

Kata “coro” dari minuman ini mengingatkan kita akan kecoak. Tapi bukan, ini minuman rempah yang menghangatkan tubuh dan konon jadi minuman favorit RA Kartini.

Adon-adon Coro Minuman Khas Favorit RA Kartini
Adon-adon coro (Wikipedia)

Inibaru.id – Saat bersantai dan ingin menyeruput minuman yang berkhasiat jamu, kamu bisa mencoba minuman khas Jepara, Jawa Tengah, ini. Namanya adon-adon coro.

Oya Millens, nama unik dan eksotis minuman ini bisa menyesatkan. Lo kok? Ya, coro diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia sebagai “kecoak”. Siapa pun yang mendengarnya kemungkinan akan membayangkan minuman berisi kecoak. Wah, nggak banget deh!

Wikipedia menulis, sebenarnya adon-adon coro memang jamu yang terbuat dari beberapa rempah, antara lain pandan, merica bubuk, kayu manis, cengkeh, lengkuas, yang disiram dengan santan, jahe gula merah, dan air. Minuman ini berasa pedas dan hangat karena bahan utama minuman ini merupakan jahe.

Di Jepara, kamu bisa menikmatinya dari penjual di pelataran sekitar Shopping Centre Jepara, di sebelah utara Alun-alun Kota Jepara. Tapi kalau nggak sempat ke sana, kamu bisa kok bikin sendiri.

Dikutip dari laman masakandapurku.com, minuman rempah-rempah ini cocok banget untuk yang lagi kelelahan atau kedinginan. Pasalnya, efek kehangatan dan kesegarannya bisa langsung dirasakan setelah menyeruputnya, apalagi bila diminum sangat  hujan atau hawa dingin.

Dan yang istimewa, seperti dikutip dari Suara.com (21/4/2017), adon-adon coro ini disebut-sebut sebagai minuman favorit Raden Ajeng Kartini. Jadi, saat kamu menikmatinya, kamu bisa sekaligus mengingat-ingat pemikiran Pahlawan Emansipasi itu.

Nah, kamu sudah siap membikin sendiri? Resep berikut ini bagus sebagai panduan.

Bahan:

150 gram gula merah serut

250 santan

5 cm jahe yang sudah di memarkan

600 ml air

150 gram kelapa, potong-potong, lalu bakar

1 sendok makan jamu tolak angin atau  rempah-rempah untuk menghangatkan seperti merica bubuk, kayu manis, cengkeh, lengkuas

Cara membuat:

1. Rebus terlebih dahulu jahe, gula merah, santan dan potongan kelapa muda hingga mendidih, angkat.

2. Masukkan 1 sendok makan jamu tolak angin ke dalamnya atau rempah-rempah yang sudah disiapkan, aduk rata.

3. Tuang Adon-adon Coro ke dalam mangkuk atau gelas, siap sajikan selagi hangat.

Mudah banget cara membuatnya, kan? Silakan mencoba. Kalau sudah mencoba, seruuuuuput! Sudah segar, sehat pula. (IB02/E03)