8 Trik Buat Kamu agar Nggak Salah Pilih Durian

8 Trik Buat Kamu agar Nggak Salah Pilih Durian
Durian. (blog.duniamasak.com)

Nggak sedikit orang yang menyesal setelah membeli durian. Pasalnya, durian yang dipilih kurang nikmat. Nah, biar nggak uring-uringan gara-gara durian, simak yuk 8 trik buat memilih durian ini!

Inibaru.id – Buat kamu yang takut salah pilih durian, jangan galau! Lakukan 8 trik ini dan temukan durian yang benar-benar lezat untuk dinikmati!

1. Pilih yang bulat

Bentuk durian yang bulat. (pegipegi.com)

Bentuk buah yang bulat cenderung memiliki daging buah yang penuh di setiap biliknya. Kalau dagingnya lebih banyak, makan juga lebih puas kan? 

2. Pilih yang ringan

Menimbang durian dengan akurat. (kompas.com)

Tingkat kematangan buah durian bisa ditimbang dari beratnya. Jika kebanyakan orang berpikir bahwa semakin berat berarti semakin banyak dagingnya, justru hal tersebut salah. Durian yang terindikasi matang justru adalah durian yang bobotnya ringan. Sebab, bobot yang berat bisa dikarenakan oleh biji yang besar, bukan daging yang banyak.

3. Perhatikan ukuran tangkai

Berbagai jenis ukuran tangkai pada buah durian. (pegipegi.com)

Bagian yang satu ini memang jarang digunakan untuk menjadi bahan pertimbangan saat membeli durian. Padahal, ukuran tangkai bisa dijadikan indikator ketebalan dan banyaknya daging durian. Nah, jika tangkai berukuran pendek dan tebal, maka daging buahnya duriannya pun banyak. Sebaliknya, tangkai yang ramping dan panjang, justru mengindikasikan bahwa dagingnya sedikit.

4. Bunyi ketukan

Mengetuk durian dengan pisau. (pastiseru.com)

Cara ini sering digunakan pedagang saat memilihkan durian untuk pelanggannya. Nah, agar tidak tertipu, maka perhatikan suara ketukan dari buah durian itu sendiri dengan cermat. Jika bunyinya berat dan agak redam, maka buah tersebut masih segar dan matang. Tapi, jika suaranya nyaring dan terdengar seperti ada rongga, maka bisa dipastikan jika durian tersebut asih muda atau sudah nggak lagi segar.

5. Bentuk duri

Tingkat kerenggangan duri sebagai indikator rasa manis pada buah durian. (kabardewata.com)

Jika kamu melihat durian yang durinya renggang dan pendek, langsung saja pilih! Sebab, ciri duri yang seperti itu menandakan daging yang melimpah serta rasa buah yang manis. Berbeda dengan duri yang lancip dan rapat karena ciri duri yang seperti itu menandakan jumlah daging yang sedikit.

6. Aroma buah

Image result for durian

Mencium aroma buah durian. (reuters)

Durian yang matang dan manis memiliki aroma yang harum. Jadi, jika aroma harum tersebut tidak tercium, jangan pilih!

7. Perhatikan getah pada tangkai

Ciri durian berdaging manis yang segar. (rojakdaily.com)

Durian yang segar, lazimnya masih memiliki getah pada tangkainya yang belum kering. Berbeda dengan durian yang sudah lama dipetik dan terindikasi nggak lagi segar.

8. Kulit

Butuh kejelian tersendiri untuk memperhatikan kulit durian yang sepintas mirip semua. (akurat.com)

Jangan salah! Kulit durian yang masih rapat justru lebih baik daripada kulit yang sudah terbuka. Meski kebanyakan orang berpikir bahwa kulit yang sudah terbuka memudahkan kita dalam melihat kondisi daging, namun hal tersebut justru kurang baik. Sebab, kulit yang terbuka menjadikan daging lebih mudah terkena angin dan kadar manisnya pun perlahan berkurang.

Gimana, Millens? Mudah, kan? Hehe. Selamat mencoba! (IB23/E05)