Menimbang Manfaat Kesehatan Cokelat Hitam

Menimbang Manfaat Kesehatan Cokelat Hitam
Cokelat hitam atau dark chocolate punya manfaat kesehatan. (Medicalxpress)

Rasa cokelat hitam atau dark chocolate memang nggak semanis cokelat susu yang disukai banyak orang. Namun, cokelat hitam ini punya segudang manfaat bagi kesehatan, lo.

Inibaru.id – Cokelat merupakan salah satu makanan yang paling digandrungi masyarakat. Rasa yang manis dan varian cokelat yang banyak itu memang memanjakan lidah. Karena itulah, cokelat banyak dipakai untuk menyimbolkan perasaan cinta.

Di pasaran, ada tiga varian cokelat yang banyak dijumpai yakni cokelat susu (milk chocolate), cokelat putih (white chocolate) dan cokelat hitam (dark chocolate). Ketiga varian itu sama-sama nikmat. Namun, dari ketiga jenis tersebut, cokelat hitam memiliki manfaat yang lebih banyak. Penasaran? Kuy, baca baik-baik manfaat dari cokelat hitam berikut.

Menahan Rasa Lapar

Dark Chocolate mampu meminimalisir nafsu makan sehingga kamu tahan lapar. (Tempo)

Buat kamu yang lagi diet, cokelat hitam ini aman untuk dikonsumsi setiap hari karena mampu membuatmu merasa kenyang lebih lama. Dikutip dari Hellosehat.com (12/3/2018), berdasarkan penelitian di Universitas Copenhagen, cokelat hitam ini mampu menahan nafsumu terhadap makanan manis, asin, dan berlemak. Jadi, secara tidak langsung makanan ini mampu mengontrol hasratmu untuk makan, Millens.

Meningkatkan Kinerja Otak

Cokelat ini mampu meningkatkan daya pikir dan memperkuat memori otak. (Ganeshacollege)

Kandungan flavonol yang tinggi pada cokelat hitam dapat memicu peningkatkan fungsi otak. Makan cokelat hitam juga dapat membantumu berpikir logis sekaligus mempertajam ingatan.

Bahkan, cokelat hitam termasuk dalam kudapan yang direkomendasikan untuk para lansia, lo. Kandungan dalam cokelat tersebut mampu meningkatkan fungsi kognitif para lansia yang mulai melemah.

Melindungi Kulit dari Paparan Sinar Matahari

 

Kandungan dalam dark chocolate mampu membantumu menangkal efek buruk dari paparan sinar matahari (Shineskinindonesia)

Flavonol dalam cokelat jenis ini mampu melancarkan aliran darah, mengenyalkan sekaligus meningkatkan kelembapan kulit. Bahkan dalam Journal of Cosmetic of Dermatology, cokelat hitam mampu menangkal dampak buruk dari radiasi sinar UVB. Wah, mantap juga ya Millens!

Menurunkan Kolesterol

Mengonsumsi cokelat hitam dengan rutin justru mampu mengontrol kadar kolestrol. (Hellosehat)

Mengonsumsi cokelat dalam waktu panjang dengan rutin mampu menurunkan kolesterol jahat hingga 20 persen, lo. Dengan begitu, risiko terkait penyakit kardiovaskular pun ikut menurun.

Mencegah Diabetes

Mengonsumsi dark chocolate mampu mengontrol kadar gula dalam darah. (Hellosehat)

Cokelat hitam mengandung nitrit dioksida yang mampu membantu meningkatkan respons sensivitas insulin. Nah, sensivitas insulin itu sangat dibutuhkan tubuh karena mampu menjaga kadar gula darah dengan stabil.

Mencegah Strok

Dark Chocolate cukup dianjurkan buat lansia agar terhindar dari stroke. (Klikdokter)

Tekanan darah tinggi dan penyakit jantung adalah faktor yang paling banyak memicu strok. Namun, dengan mengonsumsi cokelat hitam, kamu justru dapat menghindari dua faktor tersebut. Ini karena kandungan flavonol dapat mempermudah serta melancarkan aliran darah.

Mengandung Antioksidan yang Tinggi

Kandungan dalam dark chocolate mampu menangkal efek buruk radikal bebas dalam tubuh. (Sociolla)

Disadari atau tidak, setiap hari tubuh sobat Millens terpapar radikal bebas yang cukup membahayakan. Jadi, mau nggak mau, kamu harus mencari pelindung, baik untuk bagian luar maupun bagian dalam tubuh. Nah, cokelat hitam ini termasuk salah satu pelindung yang dianjurkan. Hal itu karena kandungan antioksidan di dalam cokelat hitam cukup tinggi sehingga mampu menjadi tameng dari dampak paparan radikal bebas. So, bisa dibilang, cokelat ini memang cocok dikonsumsi setiap hari dengan kadar yang tepat!

Well, siap-siap nyetok cokelat hitam sebanyak-banyaknya di rumah, ya! Ha-ha. (IB23/E04)