6 Makanan Ini Favorit Banget Pas Idul Adha

Idul Adha 1438 H bakal segera tiba, itu artinya akan ada acara makan besar dengan keluarga. Lantas,seperti apa saja menu di meja makan Anda saat Idul Adha?

6 Makanan Ini Favorit Banget Pas Idul Adha
Hidangan Idul Adha. (Foto: Kecap Bangao)

Inibaru.id -Buat kaum Muslim, perayaan hari besar kedua setelah Idul Fitri ini merupakan puncak ibadah haji yang senantiasa diperingati dengan menjalankan ibadah salat Ied serta berkurban hewan ternak.

Adapun ternak yang disembelih di hari itu di antaranya kambing, domba, sapi, kerbau, atau unta. Nah, terlepas dari kesakralan ibadah itu sendiri, rumah Anda kemungkinan besar bakal “kebanjiran” daging kurban.

Hm, bingung memasaknya? Simak berbagai variasi masakan daging yang dilansir dari IDN Times ini.

  1. Gule dan Gulai

Terdengar mirip, tapi kedua nama masakan itu berbeda. Gule familiar di Jawa, sedangkan gulai berasal dari Sumatera. Bumbu keduanya pun berbeda.

Gulai yang bernuansa India dimasak dalam kuah berempah dengan cita rasa gurih.Sementara kuah gule lebih cair dan tidak terlalu kental karena menggunakan santan encer dan kaldu daging kambing. Just teste it or leave it!

  1. Rendang

Siapa pun tahu masakan ini. Tak hanya masyur saat Idul Adha, daging bercita rasa nendang ini memang favorit banget dan terkenal kelezatannya. Rendang bahkan pernah di nobatkan sebagai makanan paling enak di dunia. Bahan dasar rending sendiri bisa menggunakan daging sapi atau kambing.

Baca juga:
Selama di Lombok, 6 Makanan Ini Pasti Bikin Ketagihan
Rendang di Antara Sajian Kuliner Internasional di Jerman

  1. Sate

Menjadi hidangan khas di seluruh Indonesia, negeri ini memiliki berbagai macam olahan jenis ini. Kendati cenderung sederhana cara memasaknya, sate adalah menu favorit semua kalangan. Yang paling umum adalah sate (atau satay) asal Madura yang berbumbu kacang dan kecapmanis.

  1. Bakso

Sama dengan satay, bakso juga mudah ditemui di sudut-sudut kota atau sepanjang jalan raya yang ramai dilalui pengendara atau pedistrian. Hidangan ini juga cukup menggoda dan anti gagal saat di buat sendiri.

  1. Kambing Oven

Sangatlah beruntung kalau kamu yang punya oven di rumah. Masakan khas Mesir ini membuat hidangan khas Idul Adha sungguh nikmat. Masakan ini biasanya menggunakan bagian paha kambing yang cepat empuk bila di masak.

 Baca juga:
5 Kuliner Solo yang Harus Anda Cicipi Sebelum Punah
Masakan Indonesia Jadi Primadona Dalam Festival di Slovakia

Cara memasaknya tidaklah sulit.Oleskan bumbu pada permukaan kambing hingga rata, lalu panggang dalam oven bersuhu 200 derajat Celsius selama 45 menit atau sampai matang.Tanda daging sudah matang yakni mudah di tusuk dengan garpu.

  1. Sop Buntut

Selain bakso, kamu bisa menikmati hidangan berkuah seperti sop buntut.Makanan dari olahan daging buntut sapi memang menggiurkan dan nikmat. Tentunya makanan ini lebih sehat karena di lengkapi berbagai macam sayuran dan rempah -rempah. Daging empuk dalam kuah kaldu sapi bening bersama irisan kentang, wortel, tomat, daun bawang, seledri, dan taburan bawang goreng.(OS/GIL)