Masih Bertahan hingga Sekarang, 5 Menu Ini Tertua di Dunia

Masih Bertahan hingga Sekarang, 5 Menu Ini Tertua di Dunia
Aneka ragam menu makanan. (Unsplash)

Kalau kamu menganggap lima menu di bawah ini adalah hasil kreasi manusia di zaman sekarang, kamu salah. Lima resep ini justru bisa dibilang resep tertua yang masih bertahan.

Inibaru.id – Nggak semua makanan yang ngetren saat ini adalah resep baru. Beberapa di antaranya sudah ada sejak zaman dulu tapi tetap eksis dan diminati masyarakat hingga sekarang. Bahkan, ada pula sejumlah resep kuno yang masih bertahan, lo.

Berikut lima resep kuno yang masih bertahan hingga kini.

Panekuk

Sajian pancake yang terus mengalami perkembangan dan bertambah variasi hingga saat ini. (Unsplash)

Salah satu menu sarapan yang mendunia ini memang digandrungi berbagai kalangan. Selain lezat, panekuk juga mengenyangkan. Tak ayal jika menu ini sering dijadikan sebagai pengganti nasi untuk sarapan sehari-hari.

Namun, siapa sangka, panekuk sudah ada sejak 3300 SM. Dikutip dari Detik.com, Minggu (24/2/2019), ada jejak makanan berupa daging rusa dan panekuk gandum kuno yang ditemukan dalam perut Otzi the Iceman, salah satu jenis manusia yang hidup di masa tersebut.

Kari

Hidangan kari (curry) khas India yang terkenal khas dengan cita rasanya. (Unsplash)

Makanan berkuah yang identik dengan aneka rempah dari India ini memang cukup mendunia. Konon, hidangan ini kali pertama dibuat pada abat ke-18 untuk menjamu pemerintah Inggris saat berada di India.

Versi lain menyebut, resep ini sudah ada sejak 4000 tahun yang lalu. Saat itu, peradaban Lembah Indus sudah mengenal lesung sebagai alat bantu untuk menumbuk berbagai rempah seperti adas, jintan dan sejenisnya.

Cheesecake

Cheesecake kini menjadi salah satu desert andalan generasi kekinian. (Unsplash)

Hidangan penutup yang sedang booming di kalangan anak muda rupanya termasuk salah satu resep tertua di dunia. Cheesecake digagas masyarakat Yunani sekitar 5000 tahun silam. Namun di Amerika,  cheesecake baru dikenal sejak tahun 1872, tepatnya saat William Lawrence memperkenalkan hasil olahannya yang mengandung krim keju tersebut.

Stew

Stew mirip dengan sup daging. (Unsplash)

Sepintas, Stew mirip dengan olahan sup yang berbahan daging sapi atau ayam. Namun, proses pembuatannya yang lama menjadikan stew berbeda dengan sup biasanya. Konon, olahan daging berkuah ini sudah ada sejak 8000 tahun yang lalu.

Fakta itu didasarkan pada temuan arkeolog yang menunjukkan suku Amazon pernah mengolah stew menggunakan cangkang molusca. Pada abad ke-16, suku Aztec juga menjadikan daging manusia dan cabai sebagai bahan pembuatan stew. Duh, kalau temuan yang ini serem sih!

Pilaf

Bisa dibilang, pilaf ini cikal bakal menu nasi briyani dan ricebowl kekinian. (Unsplash)

Menu yang satu ini mirip dengan menu ricebowl kekinian yang berbahan nasi, sayur, dan daging yang diracik sedemikian rupa dalam satu wadah. Lekat dengan tambahan kaldu dan rempah, menjadikan makanan ini penuh dengan cita rasa yang tinggi. Konon, makanan yang biasa ditemukan di wilayah Asia Selatan, Timur Tengah, dan Afrika Selatan itu sudah ada sejak 500  hingga 1000 SM. 

Kendati sudah lama, makanan-makanan itu masih enak dinikmati saat ini. Tentu saja, ada beberapa inovasi yang dilakukan supaya rasanya sesuai dengan tren masa kini. Kamu masih sering menyantap makanan yang mana nih, Millens? (IB23/E04)