5 Kuliner Khas Wonogiri yang Harus Kamu Coba

5 Kuliner Khas Wonogiri yang Harus Kamu Coba
Wader goreng merupakan salah satu kuliner khas Wonogiri. (surabaya.tribunnews.com)

Setiap kota tentu punya kuliner khas masing-masing yang menggoda untuk dinikmati. Kalau kuliner khas Wonogiri apa saja ya?

Inibaru.id – Berkunjung ke suatu kota kurang lengkap rasanya kalau kamu nggak mencoba makanan khasnya. Begitu pula jika kamu berkunjung ke Kabupaten Wonogiri. Agar wisatamu ke Kabupaten Wonogiri semakin lengkap, yuk intip lima makanan khas Wonogiri berikut.

Nasi Tiwul

Nasi tiwul bisa menjadi pengganti nasi putih. (detikpiknik.blogspot.com)

Makanan yang satu ini terbuat dari tepung singkong yang sebelumnya dijadikan gaplek, Millens. Rasanya manis dan gurih karena bubuhan parutan kelapa di atasnya. Selain dikonsumsi langsung, nasi tiwul biasanya disantap dengan tambahan berbagai lauk sebagai pengganti nasi putih. Sejak dulu nasi tiwul bahkan sudah menjadi makanan pokok bagi mayoritas warga Wonogiri lo.

Pindang Kambing

Pindang kambing khas Wonogiri. (imgrum.com)

Kalau biasanya pindang identik dengan makanan berbahan dasar ikan, di Wonogiri pindang dibuat dengan jeroan kambing nih. Yap, jeroan dan kikil kambing dimasak dengan tepung singkong tuh. Bumbu rempah khas masakan Jawa seperti lengkuas, gula jawa, ketumbar, dan serai mendominasi pindang kambing. Oya pindang kambing dibungkus menggunakan daun jati dalam penyajiannya. Hm, dijamin makin khas!

Besengek

Ilustrasi besengek. (picbon.com)

Besengek dibuat dari tempe kara dan dibumbui dengan parutan kelapa serta kunyit nih. Makanan ini disajikan dalam bungkusan daun jati dan mudah ditemui di pasar-pasar tradisional di Wonogiri. Nah, besengek pas banget dinikmati sebagai lauk saat menyantap nasi tiwul lo.

Cabuk Wijen

Cabuk wijen. (hadisantoso.com)

Makanan tradisional Wonogiri ini tergolong langka karena proses pembuatannya yang cukup rumit, Millens. Cabuk wijen terbuat dari ampas minyak biji wijen dan merang padi yang dibakar. Nggak heran kalau warna cabuk wijen hitam pekat.

Cabuk wijen dibumbui dengan beragam rempah dan berbentuk pasta. Dibungkus dengan daun pisang dan dipanggang membuatnya semakin gurih. Hampir mirip sambal petis gitu deh.

Wader Goreng

Wader goreng jadi salah satu kuliner andalan Wonogiri. (handayanijogja.com)

Di sekitar Waduk Gajah Mungkur Wonogiri, kamu bakal menemukan deretan penjual wader goreng nih. Maklum saja, ikan wader menjadi salah satu hasil alam kebanggaan waduk itu. Rasa wader yang gurih dan renyah cocok dinikmati langsung maupun sebagai lauk. Kuliner yang satu ini cocok juga buat jadi buah tanganmu dari Wonogiri lo.

Yap, kelima makanan khas Wonogiri tadi bisa jadi daftar makanan yang harus kamu coba kala berkunjung ke Kota Gaplek itu. Jadi nggak sekadar jalan-jalan saja, wisata kuliner juga gas pol! (IB10/E05)