5 Kuliner Khas Ini Nggak Boleh Kamu Lewatkan Kalau Berkunjung ke Batang

5 Kuliner Khas Ini Nggak Boleh Kamu Lewatkan Kalau Berkunjung ke Batang
Nasi megono, salah satu kuliner khas Batang. (indonesiatripnews.com)

Kalau kamu berkunjung ke Batang, kuliner-kuliner khasnya berikut nggak boleh ketinggalan untuk kamu cicipi. Apa saja ya?

Inibaru.id – Mengunjungi Kabupaten Batang nggak lengkap kalau nggak mencoba soto tauto sebagai kuliner khasnya. Eits, nggak hanya soto tauto lo. Ada kuliner khas Batang lainnya yang harus kamu coba. Hm, apa saja ya?

Soto Tauto

Semangkuk soto tauto. (gulalives.co)

Dalam semangkuk kuliner khas Batang ini, kamu bisa menemukan potongan daging ayam atau sapi, mi soun, dan potongan kol. Nggak lupa potongan daun bawang dan bawang goreng ditaburkan di atasnya. Kuah tauto atau tauconya kental banget dan memberikan rasa yang khas. Oya, kamu bisa membubuhkan perasan jeruk nipis biar rasanya lebih nikmat.

Soto Kebo

Semangkuk soto kerbau. (dapurablett.wordpress.com)

Sesuai dengan namanya, soto yang satu ini menggunakan daging kebo alias kerbau sebagai isiannya. Unik kan? Untuk isian lainnya sih nggak jauh berbeda dengan soto kebanyakan. Soto kerbau paling sedap disantap saat cuaca dingin nih.

Lontong Lemprak

Lontong lemprak khas Batang. (phinemo.com)

Sepintas lontong lemprak terlihat mirip opor ya? Hidangan tersebut memang berisi opor ayam kampung, ditambah dengan lontong, tahu rebus, dan kuah yang melimpah. Kata lemprak berasal dari ciri khas penyajian lontong secara lesehan atau ngelemprak seperti ditulis travel.kompas. com

Oya, lontong lemprak bisa kamu jumpai di sepanjang jalan pantura di Batang tuh.

Serabi Kalibeluk

Serabi Kali Beluk berdiameter sekitar 30 sentimeter. (portalbatang.id)

Kalau kamu nggak pengin makan makanan berat, cobain saja serabi Kalibeluk. Kudapan yang berasal dari Desa Kalibeluk, Batang itu tersedia dalam dua varian rasa. Kelapa dan gula merah.

Nah, yang bikin berbeda adalah ukurannya nih. Jumbo! Makanya serabi Kalibeluk biasanya disajikan dengan dipotong menjadi beberapa bagian. Jadi bisa berbagi dengan temanmu deh.

Sotong Ireng

Sotong ireng atau cumi hitam. (cookpad.com)

Sebagai wilayah pesisir, Batang punya hasil laut yang cukup melimpah nih. Salah satunya sotong atau cumi-cumi. Di Batang, cumi-cumi dimasak sekaligus dengan tintanya tuh. Tinta cumi dipercaya membuat masakan lebih gurih, Millens.

Wah, jadi pengin mencoba kuliner-kuliner khas Batang nih. Kamu juga nggak? Ha-ha! (IB10/E05)