4 Menu Makanan Berbuka Puasa Sederhana, Mudah, dan Cepat Dibuat

4 Menu Makanan Berbuka Puasa Sederhana, Mudah, dan Cepat Dibuat
Puding susu, menu makanan berbuka puasa yang mudah dan cepat dibuat. (Flickr/ Andrea Goh)

Banyak orang yang malas menyiapkan makanan berbuka puasa yang ribet karena energi yang sudah habis. Nah, agar kamu nggak kerepotan, coba deh membuat menu makanan berbuka puasa yang sederhana, mudah, dan cepat dibuat ini.

Inibaru.id – Memilih menu makanan berbuka puasa itu gampang-gampang susah, lo, Millens. Karena kita seharian nggak makan dan minum apapun, pasti rasanya ingin makan atau minum yang paling enak. Sayangnya saat memasak, energi dan pikiran kita sudah banyak terkuras. Bisa jadi kita pun akan malas membuat makanan atau minuman yang ribet.

Untungnya, ada banyak kok menu makanan berbuka puasa yang sederhana, mudah, dan cepat dibuat. Kamu nggak bakal ribet deh. Berikut adalah menu-menu makanan yang bisa kamu pertimbangkan, Millens.

1.       Jus Buah

Jus buah. (Flickr/

Derrick Brutel)
Jus buah. (Flickr/ Derrick Brutel)

Namanya berbuka puasa, pasti yang dicari pertama adalah yang segar-segar. Nah, jus buah bisa jadi pilihan terbaik buat kamu. Nggak hanya segar, jus buah juga sehat, Millens. Selain itu, membuatnya juga nggak butuh waktu lama. Klop banget ya!

Kamu tinggal menyiapkan es batu, air, dan buah segar. Pastikan buahnya dicuci bersih terlebih dahulu, ya. Masukkan semua bahan ke blender, tekan tombolnya, dan jadi deh jus buah segar buat berbuka puasa.

Biar nggak bosan, kamu bisa mengganti buahnya setiap hari. Buahnya nggak perlu yang mahal-mahal kok. Buah naga, pisang, jeruk, atau bahkan jambu merah bisa jadi pilihan lezat sekaligus murah. Namun, sebaiknya kamu nggak sembarangan menambahkan gula karena bisa membuatnya jadi kurang sehat, deh.

2.       Salad Buah

Salad buah. (Flickr/

Ann Larie Valentine)
Salad buah. (Flickr/ Ann Larie Valentine)

Nggak jauh-jauh dari menu pertama, salad buah bisa kamu jadikan makanan untuk berbuka puasa. Membuatnya gampang kok, Millens. Kamu tinggal memotong-motong buah segar layaknya nanas, stroberi, buah naga, nangka, mangga, apel, atau semangka. Buah-buah ini bisa ditempatkan di dalam kulkas dulu agar jadi lebih dingin dan menyegarkan.

Biar tambah nikmat, tambahkan yoghurt atau madu. Ada baiknya kamu nggak menambahkan susu kental manis, ya?

3.       Roti Bakar

Roti bakar. (Flickr/

Raymond Loupatty)
Roti bakar. (Flickr/ Raymond Loupatty)

Roti bakar sangat mudah dibuat. Apalagi kalau kamu punya toaster. Kamu juga bisa kok mengolahnya di atas wajan teflon kecil. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan selai nikmat seperti cokelat, stroberi, sarikaya, dan lain-lain.

Kalau ingin lebih kenyang, bisa menambahkan keju, telur, atau bahkan irisan daging. Intinya sih, kamu isa kenyang kalau mengonsumsi roti bakar saat berbuka puasa.

4.       Puding Susu

Puding susu. (Flickr/

Bryan Ochalla)
Puding susu. (Flickr/ Bryan Ochalla)

Kalau bosan berbuka puasa dengan puding, coba deh kamu membuat puding susu. Makanan ini sangat mudah untuk dibuat. Berikut adalah sejumlah bahan yang perlu kamu siapkan.

-          Dua sendok makan tepung maizena.

-          Tiga sendok makan gula pasir.

-          Susu cair sebanyak 1.100 ml.

-          Sebungkus bubuk agar-agar.

Untuk membuatnya, kamu tinggal mengaduk bubuk agar-agar serta tepung maizena. Setelahnya, kamu tinggal menuangkan susu cair secara perlahan. Usai bahan-bahan itu teraduk rata, tinggal campurkan gula pasir.

Bahan-bahan ini bisa kamu masak sambil diaduk-aduk hingga mendidih. Selanjutnya, kamu tinggal mendinginkannya di suhu ruangan, memindahkan ke wadah kecil, dan memasukkannya di kulkas.

Dari semua menu makanan berbuka puasa yang mudah dan cepat dibuat ini, mana favorit kamu, Millens? (Tok/IB09/E05)