Tiga Penyedia Sup Balungan yang Moncer di Demak

Kabupaten Demak punya olahan kuliner berbahan dasar tulang sapi yang cukup terkenal akan kelezatannya, lo. Yap, makanan itu sup balungan. Di mana bisa menikmatinya?

Tiga Penyedia Sup Balungan yang Moncer di Demak
Sop balungan (travelingyuk.com)

Inibaru.id – Kabupaten Demak punya olahan kuliner berbahan dasar tulang sapi yang cukup terkenal akan kelezatannya. Makanan itu adalah sup balungan. Sensasi rasa gurih dan sedap kaldu sapi sup dari Kota Wali ini dijamin bikin kamu ketagihan deh.

Yuk, intip beberapa rumah makan yang menyajikan sup balungan di Demak.

Ada banyak tempat makan di Demak yang menjual sup balungan sebagai menu utama, salah satunya di sepanjang perlintasan jalan raya Demak–Kudus. Di sana, makanan ini mudah ditemukan. Biasanya, para peziarah yang hendak berkunjung ke Demak atau para pemudik yang melewati jalur pantura akan mampir untuk mencicipi sup balungan.

Sop Balungan Babe

Sop Balungan Babe (Travelingyuk.com)

Sop Balungan ini juga terletak di perlintasan jalan raya Demak–Kudus, tepatnya di Desa Mranak RT 05/RW 01, Kecamatan Demak Kota. Dikelola oleh sepasang suami istri bernama Sugeng dan Rahayu, warung ini selalu ramai dan dipadati pembeli.

Selain tulang sapi, mangkuk Sop Balungan ala Babe ini juga berisi sayuran berupa wotel, kentang, kol, dan kacang merah. Wah, porsi yang lengkap dan nikmat tentunya!

Cukup mengeluarkan uang sebanyak Rp 30 ribu, kamu sudah bisa menikmati satu porsi sop balungan dan sepiring nasi hangat. Oya, kamu juga bisa kok memesan sopnya saja tanpa nasi, harganya Rp 25 ribu. Lumayan ramah di kantong ya, Millens.

Kalau mau berkunjung ke sini pastikan warungnya sudah buka ya. Sekitar pukul 09.00 WIB biasanya sop balungan sudah siap disajikan. Warung akan melayani pembeli sampai pukul 24.00 WIB, karena setelahnya Sugeng dan Rahayu akan bersiap untuk pulang ke rumah dan menutup warung dagangannya.

Rumah Makan Cipto Roso

Rumah Makan Cipto Roso (Rizkaaliyna.com)

Nah, kalau rumah makan ini berada di satu kilometer setelah Pasar Demak, tepatnya di Jalan Raya Mranak–Demak, Kecamatan Wonosalam. Sebenarnya, RM Cipto Roso ini menyediakan banyak makanan, tapi yang paling istimewa adalah sup balungannya.

Perlu Sobat Millens tahu, sup balungan di sana terkenal “maknyus”, lo. Pasalnya, mendiang Bondan Winarno, pakar kuliner terkenal, pernah berkunjung dan menikmati semangkuk sop balungan RM Cipto Roso.  Nah, kalau Sobat Millens mau mencobanya juga, siapkan uang sebesar Rp 22 ribu untuk setiap porsinya ya.

Tapi, kalau berkunjung ke RM Cipto Roso, kamu harus agak bersabar, karena pengunjungnya sangat ramai sehingga tak jarang pesananmu harus masuk daftar antrean. Rumah makan ini beroperasi pukul 10.00 hingga 21.00 WIB.

Sop Balungan Mbak Tien

Sop Balungan (foody.id)

Selain dua tempat makan di atas, kamu juga bisa menyantap olahan tulang sapi ini di warung makan Sup Balungan Mbak Tien. Berada di Jalan Raya Kudus – Demak, Kecamatan Cangkring, warung ini juga punya sup balungan dengan cita rasa nggak kalah sedap dari warung lainnya.

Kalau ke sana, berkunjunglah di antara pukul 07.00 hingga 18.00 WIB, sebab selain waktu tersebut warung ini tidak buka.

Gimana, Millens? Ketiga warung tersebut bisa kamu jadikan sebagai pilihan  tempat untuk menuntaskan rasa lapar di Kabupaten Demak ya. (IB06/E02)