3 Tips Menyimpan Tomat Supaya Awet Hingga 2 Bulan

3 Tips Menyimpan Tomat Supaya  Awet Hingga 2 Bulan
Tomat bisa bertahan hingga 2 bulan dengan cara penyimpanan yang tepat. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)

Jika salah dalam penyimpanan, tomat biasanya nggak akan berumur lama. Namun dengan tiga langkah ini, kamu bisa bikin tomat bertahan hingga 2 bulan lo. Penasaran?

Iniabaru.id –  Selain nikmat dibuat sambal dan campuran masakan, tomat juga cocok dijadikan jus yang menyegarkan!

Jika sedang musim, harga tomat bisa sangat rendah hingga banyak orang yang memborong untuk stok bahan makanan. Namun, tomat biasanya nggak bisa bertahan lama meski sudah disimpan di lemari pendingin. Buatmu yang terlanjur beli banyak tomat, yuk intip tips berikut supaya tomatmu awet hingga 2 bulan!

Perhatikan Tingkat Kematangan

Perhatikan tingkat kematangan tomat. (Okezone.com)
Perhatikan tingkat kematangan tomat. (Okezone.com)

Tomat yang belum cukup matang dan masih bertekstur keras dapat disimpan pada suhu ruangan. Hindarkan tomat dari sinar matahari langsung karena dapat membuatnya cepat busuk. Cara ini efektif membuat bertahan 1-2 minggu.

Sementara untuk tomat yang sudah matang hanya bisa disimpan pada suhu ruangan untuk beberapa hari saja. Jadi jika pengin tomatmu awet, pastikan untuk membeli tomat yang belum terlalu matang ya!

Jangan Campur dengan Bahan Makanan Lain

Pisahkan tomat dari bahan masakan lain. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)
Pisahkan tomat dari bahan masakan lain. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)

Untuk membuat tomatmu awet, pastikan menyimpannya nggak berdekatan dengan bahan makanan lain. Menyimpan tomat dalam satu wadah dengan bahan makanan lain yang mengandung etanol seperti apel juga ide yang buruk. Simpanlah tomat pada suhu 13 derajat Celcius!

Simpan dalam Suhu Ruang

Bungkus tomat dengan kantong plastik sebelum dimasukkan ke kulkas. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya) 
Bungkus tomat dengan kantong plastik sebelum dimasukkan ke kulkas. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya) 

Agar lebih awet, simpan tomat matang dalam lemari pendingin. Jika dimasukkan ke dalam freezer, tomat matang bisa bertahan hingga 2 bulan. Sebelum dimasukkan ke freezer atau lemari pendingin, bungkus tomat dengan kantong plastik. Sebelum diolah, pastikan tomat sudah dalam berada pada suhu ruangan.

Itulah ketiga tips yang bisa kamu pakai supaya tomatmu awet hingga 2 bulan, Millens! Duh jadi nggak sabar borong tomat waktu lagi musim nih. Ha ha. (Saj/IB27/E05)