Sumpah Pemuda Tetap di Hati Mereka yang Jauh dari Tanah Air

Bentang jarak tak akan melunturkan rasa cinta, termasuk cinta kepada Tanah Air

Sumpah Pemuda Tetap di Hati Mereka yang Jauh dari Tanah Air
Berbagai ragam acara digelar untuk memeriahkan peringatan Sumpah Pemuda di Southern California, AS pada Sabtu (28/10/2017) waktu setempat.(Kompas/Erwina Hawadi-Anderson)

Inibaru.id – Hari Sumpah Pemuda selalu menjadi agenda penting bagi sebagian besar warga Indonesia. Tak hanya dari dalam negeri, diaspora Indonesia di sejumlah negara juga menggelar peringatan yang jatuh setiap tanggal 28 Oktober tersebut. Salah satunya yang ada di AS.

Dilansir dari Kompas, Minggu (29/10/2017), tak kurang dari 300 warga Indonesia diaspora di wilayah Southern California, Amerika Serikat, menghadiri upacara peringatan Sumpah Pemuda pada Sabtu (28/10) waktu setempat.

Baca juga: Memburu Sepatu Kets pada Ajang Komik

Sejumlah sajian musik, tarian, dan lagu dari beberapa daerah di Tanah Air, serta doa bersama lintas agama yang merepresentasikan keberagaman Indonesia, mewarnai peringatan tersebut.

Peringatan Sumpah Pemudia di wilayah Southern California ini dilaksanakan di Ontario, yang berjarak sekitar satu jam perjalanan dari Los Angeles, California.

“Kegiatan diselengarakan komunitas Indonesia yang cinta NKRI,” ungkap seorang peserta, Erwina Hawardi-Anderson kepada Kompas.

Sebagaimana dituturkan Erwina, dalam kesempatan itu, Menhankam Ryamizard Ryacudu turut memberikan sambutan melalui video yang direkam secara terpisah.

Dalam rekamannya, Ryamizard mengaku turut bangga dengan adanya peringatan Sumpah Pemuda tersebut kendati tidak menyaksikan secara langsung semangat mereka. Ia berharap WNI diaspora di AS atau di manapun berada memiliki kebanggaan dan kecintaan terhadap NKRI.

 “Rasa bangga yang melahirkan sikap tekad dan kesabaran untuk membela negara, rela berkorban demi membela martabat dan kedaulatan negara, serta menjunjung tinggi Pancasila sebagai ideologi negara,” tutur Erwina mengutip Ryaminzard.

Baca juga: Pencinta Anime Surabaya Perlu Ikut 5 Komunitas Ini

Toar Putra Fajar Lumingkewas, salah satu panitia mengatakan, bagi diaspora Sumpah Pemuda adalah sesuatu yang sangat penting untuk tetap utuhnya persatuan. Tanah Air yang Satu, lanjutnya, melambangkan Indonesia untuk semua suku dan agama.

“Bagi kami yang jauh dari rumah, Sumpah Pemuda memiliki arti yang mendalam. Meskipun bahasa berbeda-beda, kita tetap satu, yakni Indonesia,” jelasnya.

Semua WNI diaspora di Southern California yang mengikuti hari peringatan Sumpah Pemuda merasa senang bisa berpartisipasi membawakan tarian dari daerahnya dan bergabung dengan rekan-rekan dari daerah lain di Tanah Air. (GIL/SA)