Wonderful Indonesia Siap Curi Panggung

90 pelaku industri pariwisata Indonesia berkumpul. Semua berlomba menawarkan pariwisata Tanah Air.

Wonderful Indonesia Siap Curi Panggung
Indonesia saat Mengikuti ITB 2016 (Kemlu.go.id)

Inibaru.id – Kementerian Pariwisata (Kemenpar) terus bersemangat mengundang wisatawan mancanegara dari seluruh dunia untuk mengunjungi Indonesia. Semangat inilah yang akan diterapkan saat mengikuti ITB Asia 2017 yang akan diadakan di Singapura pada 25-27 Oktober 2017. Sebagai informasi, ITB atau Internationale Tourismus Borse-Berlin adalah bursa pariwisata terbesar di dunia yang diadakan setiap tahun.

“Kita akan tampil all out di ITB Singapore. Forum Business to Business (B to B) ini akan tetap menjadi prioritas kegiatan selling kami,” ujar Rizki Handayani yang merupakan Asisten Deputi Pengembangan Pasar Asia Tenggara sebagaimana dilansir dari GNFI (23/10/2017).

Baca juga: Pesona Indonesia dalam 10 Klip Video Penyanyi Ini

Rizki menyebutkan bahwa Indonesia memang secara rutin mengikuti ajang ITB Asia di Singapura. Keterlibatan Indonesia pada ajang tahun ini ditujukan untuk mempromosikan sekaligus mempertahankan eksistensi pariwisata Tanah Air di dunia, khususnya di kawasan ASEAN.

“ITB Asia adalah tempat yang potensial untuk mempromosikan pariwisata Indonesia karena merupakan pameran business to business yang memungkinkan para pelaku industri di Indonesia memperluas jejaring pasar mereka,” lanjutnya.

Bursa Pariwisata ini diselenggarakan oleh Messe Berlin (Singapura) dan telah diadakan untuk ke-10 kalinya. Untuk ajang tahun ini, "Wonderful Indonesia" mendapatkan tempat berupa paviliun seluas 405 m2 yang akan muat untuk ditempati 45 booth. Paviliun ini berkonsep perahu pinisi yang dikenal sebagai kreasi maritim khas Nusantara yang indah dan megah.

Ada 90 industri pariwisata di tanah air yang bergabung dengan booth Indonesia. Para pelaku industri pariwisata ini akan membawa paket-paket wisata yang siap ditawarkan pada para buyer sekaligus memperkenalkan destinasi wisata unggulan di tanah air.

Di booth Indonesia, kita bisa mendapatkan Pelayanan Informasi Pariwisata, Coffee Corner, Spa Corner yang disediakan oleh Sariayu Martha Tilaar, Virtual Reality (VR) 360 Corner, dan Demo Corner Siluet yang disediakan oleh Prijadi K. Selain itu, terdapat pula VIP Corner yang dilengkapi dengan sofa yang nyaman.

Baca juga: 8 Situs Warisan Dunia UNESCO di Indonesia ini Termasyhur Keindahannya

Tahun lalu, transaksi di booth Indonesia mencapai US$ 20 juta atau sekitar Rp 360 miliar. Angka ini naik 764 persen dari yang didapatkan pada 2015. Diharapkan, partisipasi Indonesia di ajang ini mampu meningkatkan jumlah wisatawan asing hingga 15 juta pada akhir tahun ini, atau naik dari capaian tahun 2016 yang berada di angka 12 juta. (AW/SA)