Wah, Kini Dua Pulau Terluar di Indonesia Memiliki Bandara yang Keren!

Tingkatkan pemenuhan kebutuhan transportasi warga, sekaligus meningkatkan wisata, pemerintahan bangun bandara baru didua pulau terluar ini.

Wah, Kini Dua Pulau Terluar di Indonesia Memiliki Bandara yang Keren!
Bandara Miagas. (Foto: twitter.com)

Inibaru.id - Indonesia dikenal sebagai negara maritim yang memiliki lebih dari 17 ribu pulau dengan berbagai variasi ukuran. Saking banyaknya, maka tak jarang ada pulau-pulau kecil di Indonesia yang memiliki posisi sangat jauh dari pulau utama. Bagi para penduduk dari pulau-pulau kecil dan jauh ini, mau tidak mau mereka menggunakan sarana transportasi kapal untuk melakukan aktivitasnya sehari-hari. Dengan hal ini tentu akan memakan waktu dan biaya lebih dibanding efektifitas perjalanan di pulau yang lain.

Untuk mengatasi masalah transportasi ini, pemerintah pun berusaha untuk memperbaiki berbagai sarana transportasi yang ada di pulau-pulau kecil, khususnya pulau-pulau terluar di Indonesia. Misalnya, dua pulau paling luar di tanah air, Pulau Anambas dan Pulau Miangas. Kedua pulau tersebut kabarnya kini sudah memiliki bandara yang keren!

Baca juga: Lagi, ‘Wonderful Indonesia’ Raih Apresiasi Tertinggi di ASEANTA Awards 2017

Pulau Anambas termasuk dalam wilayah Provinsi Kepulauan Riau. Pulau ini termasuk sebagai pulau paling luar di Indonesia mengingat posisinya yang ada di Laut China Selatan. Hanya saja, pulau ini memiliki potensi yang luar biasa, khususnya dalam hal keindahan alam yang bisa menarik wisatawan untuk datang. Tak hanya pantainya yang indah, Pulau Anambas juga kaya akan dunia bawah laut yang masih terjaga. CNN sendiri pernah menetapkan Kepulauan Anambas sebagai kepulauan tropis yang paling indah di Asia.

Demi memenuhi kebutuhan transportasi warga sekaligus meningkatkan wisata di Pulau Anambas, Bandara Letung pun diresmikan pada bulan April 2017. Bandara ini tergolong sudah sangat modern dan dilengkapi dengan apron serta landasan pacu dengan ukuran 1.200 x 30 meter. Taxi way bandara juga disediakan sepanjang 15 x 125 meter. Selain itu, bandara ini sudah dilengkapi gedung administrasi, ground support equipment, gedung VIP, mesin sinar X, klinik medis, ruang operasi, hingga fasilitas pemadam kebakaran yang memadai.

Pulau terluar di Indonesia lainnya yang juga kini dilengkapi dengan bandara modern adalah Pulau Miangas. Pulau yang berada di Kabupaten Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara ini hanya memiliki jarak 48 mil dari wilayah Filipina. Pulau ini dikenal sebagai tapal batas paling utara dari Indonesia. Mengingat posisinya jauh lebih dekat ke Filipina dibandingkan dengan ke ibukota Kabupaten Talaud.

Baca juga: Kawah Ijen Sebentar Lagi Punya Kereta Gantung

Mempertimbangkan keberadaan pulau Miangas sebagai pulau terluar dari Indonesia, pemerintah pun memutuskan membangun bandara di pulau yang dihuni 700 jiwa ini. Diharapkan, para warga Pulau Miangas bisa terbantu transportasinya mengingat sebelumnya mereka harus menunggu kapal yang belum tentu datang setiap hari.

Selain itu, Bandara yang diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada tanggal 19 Oktober 2016 lalu ini diharapkan bisa meningkatkan wisata pulau yang memiliki keindahan alam yang luar biasa. Bandara Miangas memiliki landasan pacu berukuran 1.400 x 30 meter, runway strip sepanjang 1.400 x 150 meter, dan apron 130 m x 65 meter yang bisa menjadi tempat untuk 3 unit pesawat.  (AS/IB)