Usia 2 Abad Kebun Raya Bogor Memiliki Fungsi Kompleks

Di usia ke 200 tahun, Kebun Raya Bogor masih menjadi magnet destinasi wisata edukatif bagi puluhan ribu pengunjung.

Usia 2 Abad Kebun Raya Bogor Memiliki Fungsi Kompleks
200 tahun kebun raya bogor (Foto : news.detik.com)
1k
View
Komentar

inibaru.id- Di usia ke 200 tahun, Kebun Raya Bogor masih menjadi magnet destinasi wisata edukatif bagi puluhan ribu pengunjung. Selain sebagai destinasi wisata, Kebun Raya Bogor memiliki berbagai fungsi lain. Diantaranya, sebagai pusat penelitian, pendidikan lingkungan dan jasa lingkungan. Bahkan hingga kini Kebun Raya Bogor menjadi pusat konservasi luar kawasan (eks-situ) tumbuhan terbesar di Indonesia.

“Hingga saat ini Kebun Raya Bogor memiliki luas sekitar 87 hektare, dengan jumlah koleksi tumbuhan sejumlah 12.531 spesimen yang dikelompokkan ke dalam 3.228 jenis, 1.210 marga, dan 214 suku,” ujar Roniati A. Risna, Kasubag Kerjasama dan Informasi Kebun Raya Bogor-LIPI, Kamis (18/5) seperti yang dilansir dari media daring antaranews.com.

Sebagai kebun raya tertua di Asia Tenggara, kiprah Kebun Raya Bogor juga cukup diperhitungkan di mata Internasional. Misalnya, kini Kebun Raya Bogor dipercaya sebagai Sekretaris Jenderal Intenational Association of Botanic Garden (IABG) untuk wilayah Asia. Selain itu, prestasi cukup membanggakan masih datang dari Kebun Raya Bogor. Pasalnya, Kebun Raya Bogor juga didapuk menjadi anggota Botanic Garden Conservation International bersama 3.000 kebun raya di dunia.

"Keberadaan Kebun Raya Bogor dari waktu ke waktu berperan penting bagi benteng terakhir penyelamatan flora di Indonesia," kata Risna.

Perayaan hari jadi Kebun Raya Bogor di abad kedua kali ini dihadiri langsung oleh Presiden kelima RI, yakni Megawati Sukarno Putri selaku Ketua Yayasan Kebun Raya Indonesia. Didampingi Kepala Staf Kepresidenan RI, Teten Masduki yang mewakili Presiden Joko Widodo yang berhalangan hadir.

Sementara itu, dalam rangka perayaan hari jadi Kebun Raya Bogor mengadakan serangkaian acara. Kegiatan itu di antaranya penandatanganan Prasasti 2 Abad, Peluncuran Prangko 2 Abad Kebun Raya Bogor, Pameran Perkebunrayaan (18-21 Mei 2017), KRB 200K Run (20-21 Mei 2017), Kegiatan Pendidikan Lingkungan (19-21 Mei 2017), Sepeda Santai 2 Abad KRB (20 Agustus 2017), Seminar Internasional, Festival Seni dan Budaya, Harmoni dalam Seni, Lomba Fotografi Kebun Raya, Lomba Olahraga Antar Kebun Raya, dan kegiatan lainnya.