Ubud jadi Kota Terbaik Dunia dan Asia Lagi

Raih peringkat ke-9 dengan skor 90,13 dalam World’s Best Award 2017, Ubud Bali kalahkan Roma, Itali dan Barcelona, Spanyol sebagai kota terbaik dunia.

Ubud jadi Kota Terbaik Dunia dan Asia Lagi
Ubud yang eksotis memang menjadi daya (Foto:http://www.wallpapersxl.com)

Inibaru.id - Ubud yang eksotis memang menjadi daya tarik wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Lebih dulu dikenal dunia lantaran memiliki wisata persawahan yang indah Jati luwih, kota kecamatan di Kabupaten Gianyar Bali itu kini juga dikenal sebagai satu dari 15 kota terbaik dunia dalam World’s Best Award 2017 versi laman Travel + Leisure.

Melalui survei tahunan yang telah dilakukan terhadap para pembaca majalah plesir itu, Ubud berhasil meraih skor 90,13. Raihan itu sekaligus menempatkan kecamatan yang konon menjadi lokasi terbaik untuk yoga itu di posisi ke-9 dunia.

Daya tarik Ubud bahkan mengalahkan keindahan Ibukota Italia nan elok, Roma, yang hanya menempati urutan ke-12. Selain itu, dengan peringkat tersebut juga berarti mengungguli kota cantik Barcelona di Spanyol yang berada di urutan terakhir.

Sementara, pada survei yang sama khusus untuk destinasi Asia, Ubud meraih posisi ke-4 dari 10 Kota Terbaik di Kawasan Asia versiTravel+Leisure.

Secara berkala tiap tahun, World’s Best Award diadakan majalah yang menjadi acuan para pelancong dunia itu. Penghargaan murni diperoleh melalui survey pembaca, dengan menitikberatkan pada pemandangan,objek wisata, budaya, kuliner, keramahan penduduk, destinasi  belanja, serta nilai keseluruhan.

Dilansir dari Beritagar, penghargaan ini bukanlah yang pertama diraih Ubud. Awal 2017 lalu, Travel+Leisure bahkan pernah menobatkan Ubud sebagai salah satu kota paling bersahabat di dunia, dengan menempati posisi ke-11.

Sebelumnya, majalah traveling Conde Nast Traveler juga pernah memberi penghargaan serupa pada 2013 silam.

Laman daring Nomad List juga pernah menetapkan Ubud sebagai kota destinasi terbaik dunia bagi para travel blogger digital nomad pada 2016 lalu. Suasana Ubud yang tenang dan nyaman dianggap sangat menarik untuk berkarya, terkhusus bagi para pekerja kreatif.

Situs agen perjalanan wisata Trip Advisor pun setali tiga uang, mengukuhkan Ubud sebagai salah satu tujuan wisata terbaik dunia. Hal itu didasarkan dari ulasan para pelacong. Ubud menempati urutan ke-10 dari 25 lokasi terbaik dunia, serta ke-3 dari 25 tempat terbaik kategori Asia.

Suasana tenang nan menyatu dengan alam, serta menjunjung tinggi kesenian lokal, Ubud selalu memukau para pelancong dari penjuru dunia. Pun halnya dengan interior khas Bali di tiap sudut kota, dan juga penduduk sekitar yang ramah.

"Saya suka segalanya dari Ubud. Saya dimanjakan oleh orang-orang baik dan bijaksana yang saya temui ke mana pun saya pergi," tulis seorang pembaca Travel + Leisure.

Daftar 15 Kota Terbaik Dunia versiTravel+Leisure:

  1. San Miguel de Allende, Meksiko
  2. Charleston, AS
  3. Chiang Mai, Thailand
  4. Kyoto, Jepang
  5. Florence, Italia
  6. Oaxaca, Meksiko
  7. Hoi An, Vietnam
  8. Cape Town, Afrika Selatan
  9. Ubud, Indonesia
  10. LuangPrabang, Laos
  11. Santa Fe, AS
  12. Roma, Italia
  13. Siem Reap, Kamboja
  14. Udaipur, India
  15. Barcelona, Spanyol

Daftar 10 Kota Terbaik di Kawasan Asia:

  1. Chiang Mai, Thailand
  2. Kyoto, Jepang
  3. Hoi An, Vietnam
  4. Ubud, Indonesia
  5. LuangPrabang, Laos
  6. Siem Reap, Kamboja
  7. Udaipur, India
  8. Bangkok, Thailand
  9. Tokyo, Jepang
  10. Thimphu, Bhutan.

(GIL/IB)