Sepanjang Bulan Agustus ini, Kita Bisa Mengunjungi Museum Ini Dengan Gratis

Kemendikbud gratiskan biaya masuk beberapa museum dan cagar budaya yang mereka kelola dalam rangka peringatan HUT RI ke 72. Munmpung masih bulan Agustus nih, ayo belajar sekaligus berwisata.

Sepanjang Bulan Agustus ini, Kita Bisa Mengunjungi Museum Ini Dengan Gratis
Koleksi di Museum Kebangkitan Nasional. (Foto: jakartabytrain.com)

Inibaru.id - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia (Kemendikbud) ternyata menggratiskan biaya masuk beberapa museum dan cagar budaya yang mereka kelola dalam rangka Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 72.

Muhadjir Effendy selaku Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia menyebutkan bahwa kebijakan menggratiskan biaya masuk museum dan cagar budaya ini memang akan berlaku selama bulan Agustus 2017 dalam rangka membuat generasi muda kembali tertarik mengenal sejarah dan budaya dari tanah air.

Menariknya, tak hanya sehari- dua hari, kita bahkan bisa masuk ke dalam museum dan cagar budaya ini secara gratis satu bulan penuh sejak tanggal 1 hingga 30 Agustus! Dimana sajakah museum dan cagar budaya tersebut? Berikut adalah museum dan cagar budaya tersebut.

Museum Nasional Republik Indonesia

Museum yang juga dikenal sebagai museum gajah ini terletak di Jalan Merdeka Barat No. 12, Jakarta Pusat. Di museum yang terbesar dan yang pertama kali ada di Asia Tenggara ini, kita bisa menemukan berbagai koleksi benda-benda kuno yang berasal dari seluruh Nusantara seperti arca kuno, prasasti, hingga berbagai benda kerajinan. Hanya saja, hanya sepertiga dari seluruh koleksi museum ini yang diperlihatkan bagi pengunjung.

Museum Basoeki Abdullah

Museum yang didirikan pada tanggal 25 September 2001 ini didirikan sebagai perwujudan wasiat salah satu pelukis paling terkenal di Indonesia. Berbagai koleksi pribadi Basoeki seperti patung, lukisan, topeng, wayang, atau bahkan senjata bisa kita nikmti di museum yang berada di Jalan Keuangan Raya No. 19, Cilandak Barat, Jakarta Selatan.

Baca juga: Serba-Serbi Perayaan HUT Re-72 RI di Istana Merdeka

Museum Benteng Vredeburg

Salah satu museum paling ikonik yang ada di Yogyakarta ini terletak di Jenderal Ahmad Yani no. 6 Yogyakarta, tepatnya di depan Gedung Agung dan sebelah utara Keraton Kesultanan Yogyakarta. SSebelumnya, Benteng Vredeburg difungsikan sebagai pusat pemerintahan sekaligus pertahanan residen Belanda di jaman penjajahan. Di tempat ini, kita bisa menemukan berbagai diorama sejarah tanah air.

Museum Kebangkitan Nasional

Museum yang dibangun di tempat kelahiran Boedi Oetomo, pergerakan modern yang menginspirasi kemerdekaan Indonesia, ini berada di Jalan Abdurrahman Saleh No. 26, Jakarta Pusat. Dulunya, tempat ini adalah Sekolah Dokter Bumiputera atau yang kita kenal sebagai STOVIA di dalam buku sejarah.

Museum Sumpah Pemuda

Museum yang berada di Jalan Kramat Raya No. 106 Jakarta Pusat ini adalah tempat yang cocok untuk mengenang berbagai sejarah perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia.

Baca juga: Makanan Khas Indonesia Ini Ternyata Sudah Terkenal Sejak Jaman Penjajahan!

Museum Perumusan Naskah Proklamasi

Museum yang didirikan di rumah Laksamana Muda Tadashi Maeda, salah satu tokoh yang sangat berpengaruh dalam kemerdekaan Indonesia, ini, dikenal sebagai tempat dimana Naskah Proklamasi dirumuskan sebelum Indonesia merdeka. Museum ini berada di Jalan Imam Bonjol No. 1, Jakarta.

Museum Kepresidenan Republik Indonesia

Museum yang dikenal sebagai Balai Kirti ini memiliki tema unik yang menunjukkan sejarah sekaligus keberhasilan kinerja para presiden RI. (AS/IB)