Sedang Berkunjung ke Kota Pati? Bakal Nyesel Kalau Gak Mampir Sini

Tak kalah dengan Yogyakarta dan Bandung, Kabupaten Pati punya banyak pilihan destinasi wisata.

Sedang Berkunjung ke Kota Pati? Bakal Nyesel Kalau Gak Mampir Sini
Waduk Seloromo, Pati. (Foto: negeriangin.blogspot.com)

Inibaru.id – Kabupaten Pati, wilayah akrab buat Anda yang sering menempuh perjalanan melalui jalur pantura di Jawa Tengah. Semboyannya Bumi Mina Tani karena daerah yang berbatasan dengan Jepara dan Kudus ini mempunyai banyak potensi alam berupa hasil laut dan pertanian.

Jika Anda berkunjung ke kabupaten ini, sempatkanlah untuk menjajal beberapa wisata alamnya. Tak kalah dengan kota-kota kondang semacam Yogyakarta dan Bandung, Pati mempunyai panorama alam mengesankan dan tentu saja instagram-able.

Baca juga: Jelajah Palang Karaya, Menyusuri Sungai Hitam dan Disambut Orangutan di Sebangau

Baca juga: Tiga Tempat di Indonesia yang Bisa Bikin Anda Layaknya Noni Belanda

Kebun Naga Agrowisata Jolong II

Salah jika Anda membayangkan ini merupakan sebuah kebun yang punya patung atau legenda ular naga. Penduduk setempat menyebut Kebun Naga atau Bukit Naga karena di tempat ini banyak sekali tanaman buah naga. Kebun ini terletak di kawasan Agrowisata Jolong II, Gembong, Pati.

Mulanya kebun ini tidak seterkenal sekarang. Tapi, semenjak banyak orang berkunjung, berfoto lantas mengunggahnya ke media sosial, maka kebun yang berada di lereng Pegunungan Muria itu kian moncer.

Anda ingin memanjakan mata dengan pemandangan buah naga di sana sini lengkap dengan hawa udara yang adem? Cukup dengan Rp 200.000, Anda bisa memasuki area ini. Jika sedang berbuah, Anda boleh memetik sendiri buah itu dan membawanya pulang. Harga tiap kilo buah naga tentunya lebih miring ketimbang Anda membelinya di gerai buah atau swalayan.  

Waduk Seloromo

Waduk peninggalan pemerintah kolonial Belanda ini ada di lereng sebelah timur Gunung Muria. Jangan mengira ini hanya waduk, karena suguhan pemandangannya sungguh indah. Anda bisa menikmati pemadangan air waduk plus kebiruan panorama Gunung Muria di sebelah barat beserta hutan-hutan lebat di bawahnya. Hanya dengan mengeluarkan Rp 2.000 sebagai tiket masuk, Anda bisa leluasa mencari titik foto paling apik kapan pun juga, entah itu saat air waduk pasang atau sedang surut.

Bukit Pandang

Nah, untuk Anda yang sangat senang berfoto narsis dan mengunggahnya ke Instagram, ini adalah tujuan paling disarankan. Bukit Pandang ini terletak di kawasan Gunung Kendeng tepatnya di Desa Durensawit, Kecamatan Kayen, Pati. Di sana tersedia beberapa titik foto yang “manis” seperti kupu-kupu raksasa, tulisan simbol “I Love You” dan rumah pohon. Jika ke sana, Anda hanya dikenakan tarif parkir Rp 2.000 untuk motor dan Rp 5.000 untuk mobil.

Kebun Kopi Jolong

Ini adalah sentra penghasil kopi terbesar di Pati. Tempatnya ada di jajaran Pegunungan Muria, sehingga tak hanya sejuk tapi Kebun Kopi Jolong juga menyuguhkan pemandangan yang indah. Bermodal uang Rp 5.000, di sana Anda dapat melihat pabrik kopi yang masih aktif warisan Belanda dan bisa mencicipi kekhasan kopi Jolong.

Juwana Water Fantasy

Ini merupakan wisata bermain air yang beralamat di Jalan Juwana-Rembang km 8, Desa Bumi Mulyo, Kecamatan Batangan, Pati. Di sana, ada sekitar 34 wahana yang bisa Anda dan anak-anak coba seperti kolam renang dengan seluncur panjang, miniatur tujuh keajaiban dunia, komedi putar sampai rumah hantu. Bersenang-senanglah di sana dengan menebus tiket masuk Rp 25.000 terlebih dahulu. (OS/SA)