Piknik Tematik ala Eugène Dubois

Akhir pekan, menelusuri situs kuno di Indonesia juga mengasyikkan.

Piknik Tematik ala Eugène Dubois
Taman wisata Leang-Leang di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan. (Tribunnews/Barry Kusuma)

Inibaru.id – Akhir pekan tiba juga. Sudah ada rencana ingin liburan ke mana? Hm, jika Anda bosan berwisata ke pantai atau menikmati alam pegunungan, piknik tematik mungkin bisa menjadi pilihan. Misalnya, berpetualang ke situs prasejarah di negeri ini seperti  Eugène Dubois.

Tahu siapa Eugène Dubois? Nama lengkapnya Eugène François Thomas Dubois. Dia adalah penjelajah asal Belanda yang menemukan fosil-fosil manusia prasejarah di sejumlah titik di Jawa, satu di antaranya adalah Pithecanthropus Erectus.

Bayangkan jika akhir pekan ini Anda habiskan dengan berkunjung ke situs-situs peninggalan sejarah yang pasti akan mengasyikkan. Dijamin, nggak bakal membosankan!

Baca juga:
Ingin Foto Berlatar Bunga? Kunjungi 6 Taman Ini
10 Lokawisata Magetan Ini Bakal Memanjakan Wisatawan

Dilansir dari IDN Times, Jumat (20/10/2017), ternyata Nusantara memiliki begitu banyak tempat wisata semacam itu. Di mana saja?

  1. Candi Sukuh

 

Candi Sukuh (yogya-backpacker.com)

Berbentuk mirip piramida Suku Aztec, candi yang terletak di Dukuh Sukuh, Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar ini mungkin bisa menjadi pilihan pertama Anda.

  1. Situs Megalitik di Gunung Padang

 

Situs Megalitik Gunung Padang (megalithomania.co.uk)

Situs megalitik yang terletak di di perbatasan Dusun Gunung Padang dan Panggulan, Desa Karyamukti, Kecamatan Campaka, Kabupaten Cianjur ini masih menawarkan misteri.

  1. Museum Purbakala Sangiran

 

Museum Purbakala Sangiran (melaayunugraheni.blogspot.co.id)

Secara administratif, wilayah Sangiran terletak di antara dua kabupaten, yakni Sragen (Gemolong, Kalijambe, dan Plupuh) dan Karanganyar (Gondangrejo). Situs ini diakui UNESCO dan menjadi salah satu situs terpenting dunia untuk mempelajari fosil manusia.

  1. Gua Tewet

 

Gua Tewel (destinasian.co.id)

 Gua Tewet terletak di Desa Tepian Langsat, Kecamatan Bengalon, Kutai Timur, Kalimantan Timur. Nah, di dinding gua yang menjadi bagian dari Karst Gunung Gergaji ini, Anda bisa menemukan lukisan tapak manusia zaman prasejarah.

  1. Taman Nasional Lore Lindu

 

Taman Nasional Lore Lindu (beritagar.id)

TN Lore Lindu terletak di Sulawesi Tengah. Di sini, selain flora dan gauna endemik, Anda juga bisa menyaksikan sejumlah peninggalan prasejarah.

  1. Taman Wisata Leang-Leang

 

Taman Wisata Leang-Leang (mydaypack.com)

Leang-Leang terletak di Bantimurung, Maros, Sulawesi Selatan. Pada lokasi wisata ini terdapat sejumlah bukti peninggalan sejarah yang sayang untuk dilewatkan. (GIL/SA)