Pertama di Indonesia, Nusa Dua Hadirkan Kubah Bioskop Raksasa

Nonton film sembari berbaring bakal bisa dinikmati di Nusa Dua. Rasa santai itu bakal dimanjakan oleh pelbagai atraksi wisata lain

Pertama di Indonesia, Nusa Dua Hadirkan Kubah Bioskop Raksasa
Nusa Dua Hadirkan Kubah Bioskop Raksasa (Innovationcampus.com.au)

Inibaru.id – Nusa Dua akan semakin moncer dengan kesiapan Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) menghadirkan kubah raksasa, tepatnya di Pulau Peninsula.  Direncanakan kubah multifungsi itu dapat menjadi bioskop 360 derajat, ruang serba guna, dan atraksi wisata ini akan dibuka Desember 2017.

“Kubah ini di Indonesia belum ada. Ini juga bisa menjadi ajang pariwisata Indonesia yang pintunya di Bali,” kata Wakil Direktur Utama ITDC Jatmiko K Santosa pada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Jatmiko berharap, atraksi wisata di Bali dan Indonesia dapat ditayangkan di dalam kubah.

Baca juga: Ingin Picu Adrenalin? Jajal 5 Lokasi Arung Jeram Lokal Ini

Kubah dengan dengan tinggi 21 meter dan diameter 42 meter merupakan kerja sama ITDC dengan Oracle Project International dari Kanada. Oracle Project International adalah vendor yang menggabungkan atraksi teknologi dengan konten.

Mau tahu proyeknya yang terkenal? Proyek itu antara lain kubah raksasa di Tiongkok, air mancur yang dilengkapi layar di Suntec, Singapura, dan instalasi laser di Sydney, Australia.

Sebagai gambaran, kubah raksasa yang akan hadir di ITDC ini berbentuk setengah lingkaran dan dapat memuat 1.200 orang di dalamnya.

Sebagai bagian dari pilot project untuk proyek kubah yang lebih besar, bioskop kubah mini berdiameter 8 meter dengan tinggi 5 meter dijajal di  ajang Nusa Dua Fiesta yang berlangsung di Pulau Peninsula pertengahan Oktober 2017 lalu.

Di dome tersebut, kita bisa menikmati pengalaman menonton secara 360 derajat. Efeknya mirip jika menonton virtual reality, tetapi tanpa kaca mata khusus seperti biasa. Posisi menonton bukan duduk manis di kursi, tetapi berbaring santai di antara kumpulan bean bag yang tersedia.

“Kubah ini akan menjadi generasi baru bioskop di dunia. Kita juga membawa misi untuk memadukan budaya dan teknologi bersama-sama lewat proyek ini. Kami menyebutnya 360 immersive cinema. Ini bakal menjadi yang pertama di dunia," kata Chris Sifton  Managing Director Oracle Project International pada Liputan 6.

Kubah tersebut dapat berfungsi menjadi layar penuh, 360 derajat di bagian dalam maupun luar kubah. Selain bioskop kubah ini juga dapat menjadi perhelatan komersial dan privat.

Baca juga: Nusa Dua Bali Mahal? Cek Dulu 3 Tempat Ini!

Kubah yang berukuran lebih kecil hadir di Pesona Mandiri Nusa Dua Fiesta yang diselenggarakan 11-15 Oktober 2017 untuk memperkenalkan kepada para pengunjung.

Jatmiko menyebutkan rencananya kubah semi permanen ini akan bertahan selama tiga tahun ke depan. Karena biaya teknis yang cukup tinggi, maka kubah raksasa akan menjadi atraksi berbayar. (EBC/SA)