Siap-Siap Menikmati Wisata Padang Ternak di NTT

NTT memiliki cukup banyak padang rumput hijau yang sangat indah jika dilihat seperti di Sumba Timur atau Bukit Fulan Fehlan.

Siap-Siap Menikmati Wisata Padang Ternak di NTT
Bukit Warinding di Pulau Sumba (Ayu Bardiono)

Inibaru.id – Melihat geliat pariwisata di provinsinya, Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) kini sedang menyiapkan sejumlah lokasi peternakan yang akan dijadikan kawasan wisata ternak.

“NTT miliki banyak sekali hewan ternak, khususnya sapi dan kuda. Ke depannya kita akan kembangkan itu agar menjadi salah satu destinasi wisata alam dengan menyajikan padang ternak yang indah,” tutur Kadis Pariwisata NTT Marius Ardu Jelamu sebagaimana dikutip dari Antara (28/11).

Sebelumnya, Pemprov NTT telah menyelenggarakan parade 1.001 kuda Sandel Wood di Pulau Sumba. Acara penutupan parade ini bahkan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo.

“NTT miliki banyak sekali padang rumput yang hijau saat musim penghujan. Itu sangat indah jika dilihat,” lanjut Marius.

Baca juga:
Ini Dia Tempat Terbaik di Semarang Untuk Berselfie
Sempu, Rumah Bagi 12 Mangrove Langka

Beberapa lokasi padang rumput yang memiliki keindahan luar biasa bisa kita nikmati dari puncak Bukit Fulan Fehan yang ada di Kabupaten Belu. Tak hanya itu, beberapa lokasi di Sumba Timur juga memiliki padang rumput yang tak kalah cantiknya.

Hanya saja, pihak Pemprov NTT memang masih fokus pada pengembangan wisata alam lain seperti pantai, Danau Kelimutu, dan wisata lainnya. Jika memang rencana wisata ternak ini bisa diwujudkan, maka wisata ini akan segera diajukan dalam Anugerah Pesona Indonesia (API) yang digelar setiap tahun.

Pada Sabtu, 25 November 2017 lalu, API memberikan penghargaan pada tiga lokasi wisata NTT sebagai destinasi wisata terpopuler di Indonesia. Tiga lokasi tersebut adalah Gunung Batutara, wisata bawah laut Teluk Maumere, dan Pantai Tarimbang.

Gunung Api Batutara berada di Pulau Komba, tepatnya di Laut Flores, sebelah utara Pulau Lembata. Gunung ini sangatlah unik karena selalu meletus setiap 20 menit disertai dengan pijaran lahar panas yang membara dan membentuk bunga api yang sangat cantik. Tak hanya itu, letusan ini juga bisa membuat tsunami kecil yang tidak membahayakan. Banyak wisatawan yang mengincar waktu magrib dan subuh untuk melihat pemandangan cantik ini.

Baca juga:
Gunung Agung Menuju Fase Kritis
Dirjen Pajak: 64 dari 96 WNI Terkait “Paradise Papers” Sudah Laporkan SPT

Sementara di kawasan Teluk Maumere, Kabupaten Sikka, kita bisa menemukan 19 pulau yang sangat cantik dan kaya akan biota laut yang masih murni sepertei terumbu karang, ikan hias berwarna-warni, dan ikan berukuran besar seperti ikan pari, ikan duyung, serta ikan paus.

Adapun kawasan wisata Pantai Tarimbang berada di wilayah Sumba Timur. Meskipun kondisinya cenderung panas dan kering, pantai ini memiliki pasir putih dan air laut yang bersih dengan warna gradasi yang indah dari biru toska ke biru laut. Pantai ini cukup terkenal bagi para peselancar karena adanya sembilan gulungan ombak yang bisa datang secara berurutan. (AW/SA)