Lima Bandara Kita Sabet Penghargaan Internasional

Bandara harus memberikan pelayanan dan kenyamanan lebih untuk penumpang. Ganjaran berupa penghargaan internasional pun menanti.

Lima Bandara Kita Sabet Penghargaan Internasional
Bandara I Gusti Ngurah Rai. (Foto: Flickr.com)

Inibaru.id - Tak hanya dipakai sebagai lalu lintas para pengguna pesawat terbang, bandar udara atau bandara kini telah memiliki fungsi lain yang jauh lebih kompleks. Meningkatnya peminat transportasi udara karena semakin banyak orang yang ingin menjelajahi berbagai tempat membuat bandara kini menjadi tempat persinggahan, khususnya saat menunggu penerbangan transit.

Karena alasan itulah semakin banyak bandara yang didesain agar bisa memberikan kenyamanan bagi para penumpang pesawat terbang.

Berbagai perubahan yang dilakukan pada bandara di Indonesia demi memuaskan para pelanggan ternyata juga mendapatkan apreasiasi dari banyak pihak. Tak hanya di tingkat nasional, penghargaan ini datang juga dari masyarakat internasional.

Baca juga: Wah, Kini Dua Pulau Terluar di Indonesia Memiliki Bandara yang Keren!

Baca juga: Bandara Jenderal Soedirman di Purbalingga Bakal Segera Beroperasi

Bandara mana sajakah yang mendapatkan penghargaan internasional?

Bandara Soekarno-Hatta

Bandara internasional yang paling terkenal di Indonesia ini ternyata pernah dinobatkan sebagai The World Most Improved Airport. Penghargaan ini diberikan berdasarkan hasil survei oleh Skytrex. CEO dari Skytrex, Edward Plaisted, menyebutkan bahwa bandara yang berada di Tangerang, Banten ini lebih nyaman setelah mengalami beberapa kali perbaikan. Keberadaan Terminal 3 bandara ini ternyata sangat berpengaruh bagi pemberian penghargaan ini.

Bandara I Gusti Ngurah Rai

Selain Bandara Soekarno-Hatta, Bandara I Gusti Ngurah Rai yang ada di Bali juga sangat ramai oleh pengguna sarana transportasi pesawat terbang. Hal ini disebabkan oleh tingginya jumlah pelancong ke Pulau Dewata. Bandara ini mendapatkan penghargaan sebagai bandara terbaik nomor 3 di dunia untuk kategori bandara dengan kapasitas 15-25 juta penumpang setiap tahun. Penghargaan diberikan berdasarkan survei Airport Service Quality (ASQ) yang dilakukan oleh Airport Council International (ACI) pada kuartal pertama atau Januari-Maret 2015.

Bandara Sultan Hasanuddin

Sebelum Bandara Soekarno-Hatta menyabet penghargaan The World Most Improved Airport pada tahun ini, bandara Sultan Hasanuddin di Makassar, Sulawesi Selatan, mendapatkan penghargaan serupa pada 2016. Kategori penghargaan ini berdasarkan hasil survei ASQ yang dilakukan untuk mengetahui kepuasaan penumpang pada layanan lebih dari 250 bandara yang ada di seluruh dunia.

Bandara Sultan Thaha

Bandara yang berada di Kota Jambi ini mendapatkan penghargaan oleh ASQ sebagai bandara terbaik untuk kapasitas kurang dari 2 juta penumpang dalam setahun.

Bandara Supadio

Berdasarkan hasil survei dari ASQ pada periode April-Mei 2017, disebutkan bahwa Bandara Supadio di Pontianak ini adalah bandara terbaik untuk kategori bandara dengan kapasitas 2 hingga 5 juta penumpang per tahun. Survei ini didasari oleh kepuasaan para penumpang pada layanan bandara, akses check-in, keamanan, berbagai fasilitas, hingga ketersediaan tenant makanan dan minuman. (AW/SA)