Kawah Ijen Sebentar Lagi Punya Kereta Gantung

Tarik wisatawan datang, pemerintah akan segera garap kereta gantung di kawasan wisata Kawah Ijen, Banyuwangi. Wah.

Kawah Ijen Sebentar Lagi Punya Kereta Gantung
Kawah Ijen. (Foto: blogspot.com)
148
View
Komentar

Inibaru.id - Jawa Timur, memiliki tempat wisata yang sangat terkenal, tepatnya di Kabupaten Banyuwangi, yakni Gunung Ijen. Tak hanya dikenal sebegai tempat penambangan belerang, Kawah Ijen juga menyajikan pemandangan alam yang luar biasa, termasuk salah satunya adalah lava berwarna biru yang eksotis dan sangat langka.

Mengingat banyak sekali wisatawan yang mengunjungi Kawah Ijen, Menko Perekonomian Darmin Nasution, Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar, dan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas beserta berbagai jajaran terkait melakukan rapat koordinasi pada Kamis, (10/8) untuk membahas penambahan fasilitas di tempat wisata ini yang berupa Neruda cable car atau kereta gantung.

Darmin Nasution menyebutkan bahwa pemerintah pusat sangat mendukung perkembangan perekonomian di daerah, termasuk di banyak daerah yang memiliki tempat wisata yang menarik seperti di Banyuwangi. Diharapkan sinergi antara pemerintah pusat dan Kabupaten Banyuwangi ini bisa membuat pertumbuhan perekonomian yang jauh lebih baik.

Baca juga: Lagi, ‘Wonderful Indonesia’ Raih Apresiasi Tertinggi di ASEANTA Awards 2017

Pada bulan Juli 2017 lalu, Darmin juga sempat menerima delegasi Singapura dalam urusan bisnis yang dipimpin oleh Menteri Perdagangan dan Industri Lim Hng Kiang. Dalam pertemuan tersebut, dihasilkan MoU yang dilakukan oleh SUTL Enterprise, salah satu perusahan dari Singapura yang akan menjadi konsultan pengembangan wilayah marina di Pantai Boom di Kabupaten Banyuwangi.

Dementara itu, Menteri LHK, Siti Nurbaya menyebutkan bahwa pembangunan kereta gantung ini sepertinya tidak akan menjadi masalah, termasuk bagi lingkungan. Peraturan Menteri untuk hal ini juga sudah dibuat agar bisa memfasiltasi pengembangan kerjasama daerah ini. Siti sendiri termasuk dalam pihak yang akan mengawasi rencana ini agar bisa berjalan dengan lancar.

Tak hanya pembangunan kereta gantung, beberapa fasilitas lain di kawasan Kawah Gunung Ijen seperti menara telekomunikasi hingga toilet umum juga akan diperbaiki, mengingat semakin banyaknya jumlah wisatawan yang berkunjung. Diharapkan, pengembangan fasilitas ini bisa membuat wisatawan semakin nyaman dalam menikmati pemandangan alam di Kawah Ijen dan bisa membuat jumlah pengunjung semakin meningkat.

Baca juga: Wah, Purwakarta Bakal Punya Hotel Gantung Tertinggi di Dunia

Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas, turut menyampaikan terima kasih akan dukungan dari pemerintah pusat pada inovasi yang diajukan oleh pemerintah daerah, termasuk dalam hal pengembangan daerah seperti yang terjadi di kabupaten yang Ia kelola. Menurutnya, chemistry yang terbentuk antara pemerintah pusat dan daerah untuk membuat kemajuan sudah sangat kuat. Anas pun yakin jika dukungan dari pemerintah pusat dalam hal peningkatan perekonomian daerah ini bisa berimbas pada semakin meningkatnya perekonomian nasional.

Khusus dalam hal kereta gantung, Anas menyebutkan bahwa fasilitas ini diharapkan bisa menarik perhatian wisatawan mancanegara, apalagi mengingat posisi Banyuwangi yang sangat dekat dengan Bali, salah satu magnet wisatawan asing di tanah air. Bahkan, kini Banyuwangi sudah memiliki penerbangan langsung dari Jakarta. Diharapkan, bertambahnya wisatawan ke Banyuwangi ini bisa mendukung program pemerintah pusat yang menargetkan 20 juta wisatawan mancanegara pada tahun 2019 mendatang. (AS/IB)