Jember Fashion Carnaval Juga Diadakan di Bali

Meskipun skalanya lebih kecil dari yang diadakan di Jember, Festival ini sukses memukai para pengunjung.

Jember Fashion Carnaval Juga Diadakan di Bali
Salah satu peserta Jember Fashion Carnaval (Foto: erawisata-blogspot.com)

Inibaru.id - Salah satu karnaval paling terkenal di Indonesia, Jember Fashion Carnaval (JFC) ternyata juga diadakan di Bali. JFC digelar selama tiga hari pada Jumat-Minggu, 29 September-1 Oktober 2017, di Lippo Mall Kuta.

JFC di Bali ini digelar dua kali setiap hari, yakni pukul 16.00 dan 20.00 WITA. Karnaval ini dilakukan dengan melibatkan 43 kostum dan 108 peserta. Setiap kostum yang dikenakan dibuat langsung oleh talent atau keluarga yang bersangkutan. Tak hanya orang dewasa, cukup banyak anak-anak yang juga ikut berpartisipasi sebagai peserta karnaval ini. Anak-anak ini memakai kostum tradisional khas berbagai daerah di Tanah Air seperti dari Jakarta, Bali, Tana Toraja, Kalimantan, Sumatera Selatan, dan daerah lainnya.

Baca juga: Mengajak Dunia Menikmati Perbedaan di Festival Lovina 2017

Hendra Darmawan selaku Marketing Communication Manager dari Lippo Mall Kuta menyebutkan bahwa Jember Fashion Carnival memang sengaja diundang untuk melakukan pertunjukan di Lippo Mall Kuta untuk mempromosikan budaya Indonesia yang sangat kaya.

"Kami sangat meyakini Bali ini jendelanya Indonesia. Kami memperkenalkan Indonesia melalui Bali dengan Jember Fashion Carnaval. JFC menghadirkan kostum yang kental sekali budayanya dan mencerminkan Indonesia sekali,” tutur Hendra sebagaimana dilansir dari Kompas.com Jumat (29/9).

Selain untuk mempromosikan kekayaan budaya Indonesia, JFC juga diadakan untuk memperkenalkan Avenue of The Star di Lippo Mall Kuta. Tempat ini akan menjadi tempat yang cocok bagi para wisatawan domestik maupun mancanegara untuk hangout dan menghabiskan waktu bersama.

Baca juga: Festival Jerami Banjarnegara, Cara Unik Kritik Kedaulatan Pangan Indonesia

Avenue of The Star memiliki kapasitas lebih dari 400 orang. Setiap harinya, akan ada hiburan musik yang digelar di panggung tempat ini. Tak hanya itu, Avenue of The Star juga akan menjadi tempat pertunjukan berbagai karya seni seperti Tari Kecak, Tari Barong, dan Fire Dance setiap akhir pekan.

Hari pertama Jember Fashion Carnaval di Bali berlangsung dengan sukses. Setelah penampilan JFC Marching Band yang memukau dan membuat banyak turis asing semakin mendekat ke panggung Avenue of the Star, parade kostum karnaval anak-anak yang lucu dan menggemaskan pun dimulai. Setelahnya, parade karnaval utama pun mulai memasuki panggung. Tiga kostum Garuda bernuansa emas yang sangat megah mengawali parade kostum tradisional dari berbagai daerah di Tanah Air yang kemudian disambut secara antusias oleh para pengunjung. (AW/SA)