Eksotika Pula Kenawa: Mendirikan Tenda di Antara Rumput Savana

Selain saung yang sering disebut gerubak dan rumah panggung kecil, tak ada bangunan lain. Tapi pengunjung bisa mendirikan tenda di antara rumput savana.

Eksotika Pula Kenawa: Mendirikan Tenda di Antara Rumput Savana
Tenda di antara padang rumput (diditpharm.blogspot.com)

Inibaru.id – Sebagai pulau kecil yang hanya berisi padang rumput dengan tepian pantai berpasir putih dan dipagari bakau-bakau, jangan berharap ada hotel, resor, atau vila. Kalau ingin rehat sejenak, saung atau dikenal sebagai gerubak itulah tempatnya.

Baca juga: Surga Tersembunyi di NTB Ini Bakal Bikin Pengalaman Liburan Anda Tak Terlupakan

Tapi justru itulah eksotika Pulau Kenawa. Pewisata bisa membawa tenda dan mendirikannya di antara rumput-rumput savana yang terbentang luas di hampir keseluruhan pulau.

 

Saung dan Rumah Panggung di Pulau Kenawa (marijelajahindonesiaku.com)

 

Menuju Kenawa

Untuk yang tertarik mengunjungi Pulau Kenawa, berikut adalah rute tempuh yang bisa diikuti seperti yang dikutip dari ketahui.com. Rute ini memiliki titik awal dari Bandara Internasional Lombok.

Setelah berada di titik awal, Anda bisa menggunakan bus Damri yang banyak beroperasi menuju pool yang berada di daerah Sweta, Lombok.

Baca juga: Tertarik Menjelajah Surganya Pulau Kenawa? Anda Perlu Siapkan Ini

Dari Sweta, Anda bisa menyewa kendaraan menuju Pelabuhan Kayangan. Ada beberapa pilihan kendaraan yang bisa dipakai, salah satunya dengan menggunakan taksi.

Dari Pelabuhan Kayangan di Lombok tujuan selanjutnya adalah Pelabuhan PotoTano. Dari situ, dengan menggunakan kapal feri Anda bisa menyeberang dengan jadwal yang teratur tiap jamnya, selama 24 jam. Itu artinya Anda tak perlu khawatir tidak bisa menyeberang.

 

Deretan kapal feri dan kapal nelayan di laut Poto Tano (hellolombokku.com)

Perjalanan dengan feri berkisar dua jam. Sesampainya ke Pelabuhan Pato Tano, Anda harus menuju Dermaga Kenawa. Modus trasportasinya bisa dengan naik ojek. Dari dermaga itulah, Anda bisa menyewa perahu nelayan untuk sampai ke Pulau Kenawa. Harga sewanya berkisar antara Rp 300-400 ribu.

Simpel dan tidak belibet. Selamat berwisata! (EBC/SA)