Surga Tersembunyi di NTB Ini Bakal Bikin Pengalaman Liburan Anda Tak Terlupakan

Kecil, tapi membuat orang yang datang ke situ seakan-akan menemukan sebuah surga. Pulau yang dilukis dengan pasir putih, padang savana, dan deretan bakau.

Surga Tersembunyi di NTB Ini Bakal Bikin Pengalaman Liburan Anda Tak Terlupakan
Pulau Kenawa (Kompas.com/Ayub Ardiyono)

Inibaru.id – Pulaunya kecil berpasir putih. Pohon-pohon bakau rapat memagari tepiannya. Dari pohon itulah nama pulau itu disebut: Kenawa atau mangrove atau bakau. Sebuah pulau yang banyak disebut sebagai surga tersembunyi di wilayah Nusa Tenggara Barat (NTB). Pulau yang sangat layak direkomendasikan sebagai destinasi wisata.

Pulau Kenawa merupakan satu dari sekitar delapan pulau kecil yang berada di dekat pelabuhan penyeberangan Poto Tano, Sumbawa Barat, NTB. Pelabuhan penyeberangan itu menghubungkan Sumbawa Barat dengan Pelabuhan Kayangan di Pulau Lombok.

Baca juga: Eksotika Pula Kenawa: Mendirikan Tenda di Antara Rumput Savana

Dilansir disparekraf.sumbawabaratkab.go.id, Pulau Kenawa terletak pada koordinat 116º49’58,98” BT,08º29’55,18” LS atau di sebelah utara Pelabuhan Penyeberangan Poto Tano Kabupaten Sumbawa Barat. Luasnya 13,80 hektare, panjang pantai 1,73 km dan hanya berjarak 1,63 km dari daratan P Sumbawa.

Bagaimana sampai ke Pulau Kenawa?

Dari Mataram, Lombok, pewisata ke Pulau Kenawa dengan perjalanan darat menuju ke Pelabuhan Kayangan di Lombok Timur. Waktu tempuhnya sekitar tiga jam dengan kendaraan bermotor. Sesampainya di Pelabuhan Kayangan, pewisata menumpang kapal feri menuju Pelabuhan Poto Tano dengan waktu tempuh 1-2 jam.

Untuk sampai ke Pulau Kenawa wisatawan harus berjalan beberapa menit dari Pelabuhan Poto Tano menuju ke pelabuhan kecil dekat permukiman warga. Dari pelabuhan kecil inilah pewisata akan dibawa ke Pulau Kenawa dengan kapal nelayan.

 

Dermaga Kenawa (Kompas.com/Ayub ardiyono)

Di atas kapal nelayan itulah para pewisata bisa menikmati pemandangan memesona berupa gugusan pulau kecil dalam perjalanan sekitar 25 menit. Air laut di tepian pantai yang begitu jernih segera menyambut para pewisata begitu mereka menginjakkan kaki di pulau tersebut.

Dari tepian pantai itu hamparan padang rumput tersaji dalam pandangan. Elok dan memesona. Lebih jauh menjelajahi pulau seluas 13,8 hektare ini, pewisata disuguhi dengan perpaduan alam berupa bukit-bukit, hamparan padang savana, dan bentangan biru pantai.

Kejernihan air lautnya membuat para pewisata umumnya menghabiskan waktu pesiar mereka untuk berenang di pantai, snorkeling, bersantai-santai, bahkan tak jarang juga ada yang berkemah di sela-sela padang rumput.

Baca juga: Tertarik Menjelajah Surganya Pulau Kenawa? Anda Perlu Siapkan Ini

Ya, Pulau Kenawa yang indah itu bolehlah dibilang sebagai salah satu dari sekian banyak serpihan surga yang tersebar di alam Indonesia. Lokasinya yang masih belum terlalu dikenal oleh orang-orang dan tentunya tidak ramai pengunjung akan semakin mengukuhkan kunjungan ke Pulau Kenawa sebagai sebuah perjalanan dengan sejuta pengalaman indah serta kepuasan batin yang luar biasa besarnya.

Dikutip dari ketahui.com pulau ini mulai terkenal setelah menjadi setting dari film garapan Alenia Pictures yang berjudul Serdadu Kumbang. Dalam film itu terlihat Pulau Kenawa menjadi latar belakang bagi seorang anak yang sedang berkuda di tengah savana yang sangat indah dan mengagumkan.(EBC/SA)