Berencana Berwisata ke Sulawesi Tengah? Sempatkan Mengunjungi Destinasi Wisata yang Masih Alami Ini

Sudah bosan dengan liburan yang begitu-begitu saja? Sejumlah destinasi wisata di Sulawesi Tengah berikut masih alami dan perlu Anda coba.

Berencana Berwisata ke Sulawesi Tengah? Sempatkan Mengunjungi Destinasi Wisata yang Masih Alami Ini
Salah satu destinasi wisata di Sulawesi Tengah. (Foto: Amabel Travel)

Inibaru.id - Tahukah Anda jika Sulawesi ternyata termasuk dalam pulau paling luas di seluruh dunia? Pulau yang posisinya berada di tengah-tengah tanah air ini ternyata adalah pulau terbesar ke-12 di dunia dan dikenal kaya akan kekayaan alam. Sebagai contoh, Sulawesi masih memegang status sebagai pulau dengan endemik mamalia paling tinggi sedunia dengan angka 62 persen.

Dengan kekayaan alami yang masih terjaga, kita tentu akan bisa menemukan banyak destinasi wisata yang alami. Salah satu provinsi yang kaya akan tujuan wisata yang alami tersebut adalah Sulawesi Tengah. Tempat mana sajakah yang bisa kita kunjungi di Provinsi yang beribukota di Palu ini?

Baca juga: 
Promosi Wisata, Selancar Layang dan Angin Kembali Digelar di Tabuhan Banyuwangi
Jangan Ngaku Maniak Ketinggian, Kalau Belum Coba Ini!

Kepulauan Togean

Di bagian ujung timur provinsi ini, kita bisa mendatangi wilayah bernama Tojo Una-Una. Wilayah ini dianugerahi kekayaan alam di daratan maupun di lautan. Salah satu wilayah yang sangat cantik dari wilayah ini adalah Kepulauan Togean yang terdiri dari pulau Togean, Batudaka, Talatako, Una-Una, Walea Bahi, dan pulau-pulau kecil lainnya. Kepulauan Togean ini termasuk dalam wilayah konservasi yang kaya akan terumbu karang yang masih alami. Sebagai informasi, kepulauan ini adalah satu-satunya di seluruh dunia yang memiliki 3 lingkungan karang yang berbeda.

Cagar Alam Morowali

Taman nasional Morowali terdiri dari wilayah teluk, datarah rendah, hingga kawasan pegunungan yang memiliki pemandangan alam yang sangat indah dan alami. Kita juga bisa menemukan banyak hewan yang langka dan dilindungi seperti kus-kus, beruang, anoa, dan hewan lainnya.

Air Terjun 12 Tingkat

Jika kita berkunjung ke wilayah Kabupaten Poso, maka kita bisa mengunjungi air terjun 12 tingkat bernama Air Luncur Saluopa. Air terjun ini dikenal luas masih sangat jernih dan alami. Jika kita mau menjelajahi Poso lebih dalam, kita juga bisa menemukan banyak peninggalan sejarah dari zaman megalitikum.

Pantai Pusat Laut

Pantai Pusat Laut atau yang juga disebut sebagai Pantai Pusentasi ini terdapat di wilayah Desa Towale yang berlokasi sekitar 12 km dari Ibukota Palu. Tak hanya pemandangan pantai yang masih alami, pantai ini juga memiliki goa yang terkait dengan laut yang tentu akan sangat unik.

Teluk Tomini

Teluk terbesar di Indonesia, yakni teluk Tomini, memiliki cukup banyak destinasi wisata laut seperti pantai Kayubura yang dikenal luas dengan kekayaan biota laut serta karangnya. Di pantai ini, kita juga bisa menikmati parade Sail Tomini yang selalu diadakan setiap tahunnya sebagai even kemaritiman Indonesia.

Masjid Terapung

Masjid Terapung yang terdapat di kawasan Teluk Palu, tepatnya di Kampung Lere, Palu Barat, ini sangatlah unik karena berlokasi di sekitar 30 meter dari pantai Teluk Palu. Tak hanya posisinya yang ada di atas air laut, masjid yang didirikan pada 19 Januari 2011 ini mampu memancarkan 7 cahaya warna yang sangat cantik di malam hari.

(AS/IB)