Bangga! Tiga Hotel Ini Jadi Persinggahan Terbaik Dunia

Mewah dan menyatu dengan alam menjadi alasan hotel-hotel ini terpilih sebagai yang terbaik. Pelayanan mumpuni dan sumbangsihnya terhadap masyarakat sekitar juga membuat para juri National Geographic Traveller memasukkan mereka ke dalam Big Sleep Awards 2017.

Bangga! Tiga Hotel Ini Jadi Persinggahan Terbaik Dunia
Cempedak Private Island di Kepulauan Riau. (Foto: Robb Report)

Inibaru.id – Industri pariwisata Indonesia terus bergeliat, termasuk di antaranya pada bidang perhotelan. Mereka mempercantik diri. Promosi juga terus digencarkan. Dampaknya? Tiga hotel di Indonesia masuk dalam penghargaan Big Sleep Awards 2017 yang dikeluarkan majalah National Geographic Traveller edisi Juli-Agustus.

Dari 20 kategori yang terbagi dalam pilihan juri dan pembaca, tiga industri hotel Indonesia menempati posisi terbaik versi majalah pelesiran tersebut. Prestasi ini tentu membanggakan mengingat sektor pariwisata menjadi salah satu prioritas pembangunan di Indonesia.

Dilansir dari JPNN, Menteri Pariwisata Arief Yahya memberi apresiasi tertinggi atas pencapaian tersebut. Menurutnya, pengelolaan hotel yang ramah lingkungan akan banyak memberikan dampak, misalnya dari segi bisnis akan meningkatkan daya saing hotel itu.

“Ini akan meningkatkan nilai jual,” kata dia.

Adapun ketiga hotel yang meraih penghargaan Big Sleep Awards 2017, sebagi berikut.

Baca juga: 
Wisata Indonesia Banyak Dilirik Pelaku Industri dari Asia Pasifik

Lima Bandara Kita Sabet Penghargaan Internasional

1. Cempedak Private Island, Kepulauan Riau

Berbentuk sebuah pulau pribadi seluas 17 hektare tak jauh dari pantai timur Bintan, Cempedak meraih penghargaan untuk kategori "Castaway". Para juri menyebut resor ini berhasil menghadirkan fasilitas mewah, tapi tetap menerapkan pendekatan pengelolaan keberlanjutan yang sangat kuat.

Cempedak menjadi yang terbaik untuk kategori ini, mengalahkan Milaidhoo Maldives di urutan dua dan Le Barthelemy, St Barts, di urutan tiga.

2. Alila Ubud, Bali

Menjadi hotel terbaik dengan dedikasi tinggi dalam hal pelayanan menjadikan membuat hotel ini meraih penghargaan kedua untuk kategori "People Power". Alila Ubud menempati urutan dua setelah Hotel Tresanton, Cornwall, Inggris.

3. Gaia Oasis, Bali

Gaia Oasis dinobatkan sebagai yang terbaik untuk kategori “Hometown Hero”. National Geographic Traveller memberikan penghargaan ini kepada hotel yang dianggap memberikan manfaat lebih terhadap pemberdayaan masyarakat ataupun komunitas lokal di sekitarnya.

Dalam ulasannya, majalah tersebut menyatakan, lokasi Gaia Oasis eksotis. Pelayananya pun begitu khas. Namun, yang paling menarik adalah karena hotel ini memberikan sebagian besar keuntungannya untuk mendukung pemberdayaan masyarakat lokal dengan program sekolah dan makanan gratis, serta restorasi karang.

"Hotel bisa menjadi jendela untuk masuk ke satu dunia, sebuah tempat untuk sekadar bersantai, mendapat layanan mewah, dan lainnya. Kami memberi penghargaan terhadap hotel yang kami dan pembaca kami anggap sangat menonjol," ujar editor National Geographic Traveller, Pat Riddell.

Selamat ya! (GIL/SA)