8 Situs Warisan Dunia UNESCO di Indonesia ini Termasyhur Keindahannya

Tak hanya Indah, Situs Warisan Dunia UNESCO di Indonesia juga menjadi tempat perlindungan berbagai satwa langka.

8 Situs Warisan Dunia UNESCO di Indonesia ini Termasyhur Keindahannya
Hutan Hujan Tropis Sumatera (Pffiellavevania)

Inibaru.id - The United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) adalah badan khusus PBB yang beranggotakan 191 negara dan bertujuan untuk mengembangkan pendidikan, keilmuan, dan kebudayaan. Salah satu program dari UNESCO yang paling dikenal adalah Situs Warisan Dunia UNESCO. Program ini bertujuan untuk mendata, menamakan, sekaligus melestarikan tempat-tempat yang penting agar bisa tetap terjaga sebagai warisan dunia.

Di Indonesia, terdapat delapan Situs Warisan Dunia yang memiliki keindahan luar biasa. Di mana sajakah situs warisan tersebut?

  1. Taman Nasional Ujung Kulon

(Sejujurnya)

Sejak tahun 1991 Taman Nasional Ujung Kulon sudah dinobatkan sebagai Situs Warisan Dunia. UNESCO juga sudah banyak memberikan dukungan berupa pendanaan atau bantuan teknis demi mengelola wilayah yang dikenal sebagai habitat badan bercula satu yang sangat langka ini.

  1. Candi Borobudur

(Blame the Monkey)

Candi peninggalan abad ke-14 ini berada di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Borobudur dikenal sebagai salah satu candi Buddha terbesar serta memiliki relief terlengkap dan terbanyak di dunia. Ditemukan tahun 1814, Candi Borobudur dinobatkan sebagai Situs Warisan Dunia pada tahun 1991.

  1. Candi Prambanan

(Time Travel Turtle)

Candi yang juga dikenal dengan nama lain Candi Roro Jonggrang ini juga ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1991. Kompleks candi Hindu terbesar di Indonesia ini termasuk yang paling megah di kawasan Asia tenggara.

  1. Situs Arkeologi Sangiran

(Veronica Diah Kusumawati)

Situs Arkeologi Sagiran yang ada di Sragen, Jawa Tengah ini ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada 1996. Di tempat ini, para ilmuwan bisa mempelajari berbagai fosil yang menunjukkan perkembangan manusia sejak ribuan tahun yang lalu.

  1. Subak

 

(1001 Indonesia)

Subak yang ada di Bali ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada 2012 karena dianggap sebagai wilayah pertanian dengan sistem irigasi yang sangat baik. Tak hanya itu, pemandangan sawah terasering di tempat ini yang dipadukan dengan adat dan budaya khas Bali membuat tempat ini memiliki pemandangan yang sangat elok.

  1. Taman Nasional Komodo

(Penabiru)

Daya tarik utama dari Taman Nasional Komodo tentu saja adalah komodo yang kerap disebut sebagai "naga terakhir di dunia". Selain itu, kawasan ini juga memiliki pemandangan alam yang sangat indah.

  1. Taman Nasional Lorentz

(Tim Ralph)

Taman Nasional Lorentz yang ada di Papua dikenal luas sebagai tempat yang masih alami dan memiliki salju abadi, sesuatu yang sulit ditemukan di wilayah Tropis. Taman nasional yang ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada 1999 ini adalah yang memiliki luas wilayah terbesar di Asia Tenggara.

  1. Hutan Hujan Tropis Sumatera

(Wacana Nusantara)

Hutan hujan tropis Sumatera yang mencakup Taman Nasional Gunung Leuser, Taman Nasional Kerinci Seblat, dan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan ini memiliki banyak spesies langka yang hampir punah seperti harimau Sumatera, gajah Sumatera, Badak Sumatera, Orangutan, dan tumbuhan endemik layaknya kantong semar dan bunga Rafflesia Arnoldi. (AW/SA)