6 Surga Tersembunyi di Nusantara yang Perlu Anda Tahu

Negeri ini memiliki “surga tersembunyi” yang keindahannya tak kalah dengan destinasi wisata yang sudah jamak diketahui orang seperti Bali

6 Surga Tersembunyi di Nusantara yang Perlu Anda Tahu
Ilustrasi-Surga tersembunyi di Indonesia. (Pixabay)

Inibaru.id – Jika Anda berpikir hanya Bali yang sanggup mewakili keindahan alam Nusantara, bisa dipastikan Anda keliru. Negeri ini begitu kaya akan destinasi wisata menakjubkan. Bahkan, sebagian di antaranya adalah hidden paradise yang sayang untuk Anda lewatkan.

Dilansir dari IDN Times, berikut ini merupakan “surga-surga tersembunyi” yang patut Anda ketahui. Ya, syukur-syukur Anda memiliki kesempatan untuk menyambangi lokasi wisata eksotis tersebut.

Baca juga:
8 Situs Warisan Dunia UNESCO di Indonesia ini Termasyhur Keindahannya
Indonesia Paling Spontan dalam Siapkan Liburan

  1. Pantai Ora

Pantai Ora (Foto: indonesia-tourism.com)

Tak banyak yang tahu bahwa Pulau Seram, Maluku, telah menyembunyikan pantai berair jernih di antara deretan pegunungan bernama Pantai Ora.

Lokasinya yang tersembunyi, jarak tempuh yang panjang, dan medan yang sulit menjadikan pantai yang cocok banget buat wisata selam permukaan (snorkeling) ini sulit ditemukan. Namun, sekali bertemu, dijamin Anda akan jatuh cinta!

  1. Wakatobi

Wakatobi (Foto: xoprivate.com)

Surga tersembunyi di Sulawesi Tenggara ini sekarang sudah banyak dikenal orang. Namun, tahukah Anda bahwa Wakatobi memiliki koleksi 900 spesies hewan laut dan 90 persen karang yang ada di dunia? Hm, yakin mau melewatkan tempat yang satu ini?

  1. Kalibiru, Raja Ampat

Kalibiru. (Foto: detik.com)

Siapapun pasti tahu Raja Ampat, tapi tak semuanya tahu Kalibiru. Terletak di Desa Warsambin, Teluk Mayabilit, Raja Ampat, Kalibiru merupakan sungai kecil di tengah hutan. Untuk mencapainya, Anda hanya harus berjalan sekitar 20 menit dari desa. Kalibiru akan menyambut Anda dengan warna airnya yang biru jernih.

Baca juga:
7 Danau Biru Ini Akan Bantu Kamu Move On
Surga Tersembunyi di NTB Ini Bakal Bikin Pengalaman Liburan Anda Tak Terlupakan

  1. Pulau Nikoi

Pulau Nikoi (Foto: ceritadimulai.blogspot.com)

Bagi Anda yang memang benar-benar ingin melarikan diri dari rutinitas ke tempat tenang yang privat, Pulau Nikoi bisa menjadi pilihan. Terletak tak jauh dari Pulau Bintan, pulau ini menyediakan itu semua, termasuk wisata menyelam yang begitu mengasyikkan.

  1. 5. Pulau Halura

Pulau Halura. (Foto: mazzeup.com)

Pejamkan mata Anda, lalu bayangkan hamparan pasir putih nan lembut plus pemandangan laut kelas dunia! Ya, begitulah Pulau Halura. Tak banyak yang mengetahui tempat ini, termasuk betapa sulitnya menjangkau pulau yang terletak di Sumba, NTT, ini. Namun, yakinlah, semua pengorbanan itu worth-it.

  1. TN Tanjung Puting

TN Tanjung Puting. (Foto: malloryontravel.com)

Kendati menjadi negara maritim, wisata Indonesia juga tak melulu bertemakan laut dan pantai. Ada juga wisata susur sungai, misalnya di TN Tanjung Puting. Dengan berperahu, Anda bakal bertemu binatang eksotis asli Indonesia yang merupakan satwa endemik Kalimantan. Ya, orangutan!

Tak hanya itu, taman nasional yang terletak di Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, ini juga menjadi “rumah” bagi lebih dari 200 spesies burung. Plus, jika beruntung, Anda juga bisa bertemu buaya yang melintas di samping perahu Anda. Hmm, ngeri-ngeri asyik deh pokoknya. (GIL/SA)