5 Titik Snorkeling Indonesia Rekomendasi Travel Blogger

Perairan Indonesia yang luas membuat pilihan lokasi snorkeling begitu banyak. Namun, ada lima yang menjadi pilihan travel blogger dunia.

5 Titik Snorkeling Indonesia Rekomendasi Travel Blogger
Snorkeling. (Foto: Istimewa)

Inibaru.id – Perairan Indonesia memang sungguh memesona. Lautan nan luas, garis pantai yang begitu panjang, dan perairan dangkal Nusantara adalah alasan tepat bagi pelancong manapun di dunia yang ingin menikmati wisata selam permukaan atau snorkeling.

Spot skin diving yang menarik untuk disambangi pun banyak sekali. Tertarik? Segera persiapkan masker selam dan snorkel Anda, karena lima titik snorkeling langganan travel blogger dunia yang dirangkum Bintang ini pasti bakal cocok banget buat Anda.

Baca juga: Kurahing, Tupai Terkecil Dunia yang Tinggal di Pegunungan Meratus, Kalsel

1. Raja Ampat, Papua

Pemandangan bawah laut di Raja Ampat selalu menarik untuk dikunjungi.(Foto: KOMPAS TV)

Haram hukumnya tidak memasukkan gugusan pulau yang terletak di lepas pantai Sorong ini dalam daftar. Panorama bawah lautnya benar-benar menawan. Salah satu yang merekomendasikan tempat ini adalah Matthew Kepnes atau yang lebih dikenal sebagai Nomadic Matt di kalangan travel blogger.

2. Taman Nasional Kepulauan Komodo, NTT

Taman Nasional Kepulauan Komodo, Nusa Tenggara Timur. (Foto: yachtcharterfleet.com)

Selain Raja Ampat, Nomadic Matt juga mengaku terkesan dengan spot renang permukaan di perairan dangkal ini, yang lokasinya tak jauh dari pulau endemik dinosaurus yang tersisa, Komodo. Nah, yang membedakan, sejumlah titik snorkeling di sini menyajikan pemandangan bawah laut yang berbeda.

3. Nusa Penida, Bali

Nusa Penida, Bali. (Foto: mr_benkoh/Instagram)

Di Bali, wisata apa saja ada, tak terkecuali selam permukaan. Seorang travel blogger dunia, Marcos, sangat merekomendasikan Nusa Penida sebagai tujuan berlibur jika Anda sedang berada di Pulau Dewata dan mendambakan wisata bawah laut yang memukau.

5. Lombok, NTB

Lombok, NTB. (Foto: harisslombok/Instagram)

Tak lengkap rasanya menyebut Bali dan NTT tanpa mengikutsertakan NTB. Nah, Lombok adalah surganya snorkeling jika Anda mendambakan suasana yang lebih tenang. Ada banyak titik selam permukaan di sekitar Pulau Lombok sebagaimana diungkapkan Kiersten dalam blognya, theblondeabroad.com.

Baca juga: Waw! 4 Lokasi Swafoto di Magelang Ini Kalahkan Ketenaran Borobudur

5. Wakatobi, Sulawesi Tenggara

Wakatobi, Sulawesi Tenggara. (Foto: divephotoguide.com)

Bentang koral tak terbatas dijamin akan memanjakan mata Anda, para pencinta snorkeling. Travel blogger manapun pasti merekomendasikan tempat ini. Jauh sebelum terkenal dikunjungi pelancong dalam negeri, pulau ini sudah sering dijadikan tempat piknik turis asing lantaran bentang koralnya yang begitu luas. (GIL/SA)