4 Destinasi Wisata Indonesia Ini Pernah Jadi Latar Film Terkenal

Keindahan panorama alam Indonesia tak jarang dijadikan sebagai lokasi syuting sejumlah film. Tak hanya film lokal, film produksi luar negeri juga ada yang syuting di tempat itu.

4 Destinasi Wisata Indonesia Ini Pernah Jadi Latar Film Terkenal
Pesona Pulau Mursala di Sibolga, Tapanuli Tengah, yang pernah menjadi lokasi syuting film legendaris “Kingkong”. (alchetron.com)

Inibaru.id – Film yang baik harus didukung dengan latar tempat yang menarik. Tak semua latar bisa digarap dengan bantuan computer-generated imagery (CGI). Guna membangkitkan kesan natural, sejumlah film memilih datang ke lokasi-lokasi yang menawarkan latar yang sesuai.

Nah, promosi pariwisata Indonesia yang begitu gencar dalam beberapa waktu terakhir ternyata juga berhasil menarik minat produser atau sutradara untuk memilih Tanah Air sebagai lokasi syuting mereka. Tak hanya film produksi lokal, film mancanegara kelas atas juga pernah syuting di Indonesia.

Beberapa waktu lalu Ezytravel sempat merilis sejumlah tempat wisata Indonesia yang pernah dijadikan lokasi syuting film. Sebagaimana dilansir dari GNFI, inilah tempat-tempatnya.

Baca juga: Rote Punya Tempat yang Sajikan Ketenangan, Coba Kesini Aja!

Baca juga: Sedang Berkunjung ke Kota Pati? Bakal Nyesel Kalau Gak Mampir Sini

1. Taman Nasional Bromo Tengger Semeru

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (Foto: Istimewa via tempatwisataid.com)

Pencinta film dalam negeri tentu tak lupa dengan film yang begitu menggeber rasa nasionalisme ini. Ya, film 5 cm (2012). Film garapan Rizal Mantovani ini begitu mengekspos keindahan Gunung Semeru. Nah, gunung cantik tersebut adalah bagian dari TN Bromo Tengger Semeru.

Tak hanya 5 cm, film lain yang juga pernah mengambil lokasi di taman nasional yang terletak di Jawa Timur ini adalah film Hollywood berjudul The Philosophers: After the Dark (2013).

2. Pantai Tanjung Tinggi Belitung

Wisatawan tengah berfoto dengan latar belakang Replika SD Laskar Pelangi yang terletak di Desa Lenggang, Kecamatan Gantung, Belitung Timur, Bangka Belitung. (Foto: Wahyu Adityo Prodjo/Kompas)

Ditonton lebih dari 4 juta orang, Laskar Pelangi (2008) benar-benar berhasil mengangkat destinasi wisata ini. Hingga saat ini, Pantai Tanjung Tinggi masih saja ramai dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara.

3. Taman Nasional Sebangau, Kalimantan Tengah

Taman Nasional Sebangau. (Foto: Istimewa)

Bagi Anda penggemar Anaconda: The Hunt of Blood Orchid (2014) tentu tak asing dengan panorama hutan mangrove pada sejumlah adegan. Ya, lokasi syuting sekuel Anaconda itu berlokasi di hutan mangrove dan Sungai Sebangau, TN Sebangau, Kalimantan Tengah.

4. Pulau Mursala Tapanuli Tengah

Pulau Mursala, Tapanuli Tengah (Foto: neerjafjalanjalan.wordpress.com)

Film King Kong (2005) begitu menampilkan suasana hutan yang sungguh liar, gelap, kendati tetap memesona. Namun, tahukah Anda jika syuting film itu ada di Indonesia? Ya, lebih tepatnya di Pulau Mursala, Tapanuli Tengah. (GIL/SA)