Strategi Islam Indonesia Jaga Perdamaian Dunia

Perdamaian dunia terancam, Indonesia ikut angkat bicara

Strategi Islam Indonesia Jaga Perdamaian Dunia
Islam (Foto : cyberdakwah.com)
689
View
Komentar

inibaru.id - Indonesia tawarkan dua gagasan sebagai strategi dunia Islam dalam menjaga perdamaian dunia. Hal tersebut disampaikan dalam pertemuan Halaqah Internasional yang digelar Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda (GP) Ansor di Jombang, Jawa Timur pada 21-22 Mei lalu.

Seperti dikutip dari Metro TV bahwa Ketua Umum PP GP Ansor Yaqut Cholil Qoumas menuturkan bahwa dalam internal Islam sendiri, semangat rahmatan lil alamin sudah saatnya tidak cuma bertahan di tingkat wacana.

"Sementara kampanye Islam sebagai agama yang ramah dan bermanfaat untuk semua manusia harus semakin ditingkatkan," ujar pria yang akrab disapa Gus Yaqut itu.

Kemoderatan Islam menjadi modal bagi Indonesia untuk tampil dan berperan di dunia global. Hingga tak dimungkiri jika sejumlah orang Indonesia acap masuk dalam urutan tokoh muslim paling berpengaruh di dunia.

Seperti diungkapkan The Royal Islamic Strategic Studies Centre, misalnya. Nama Presiden Joko Widodo, Said Aqil Siroj, Din Syamsudin, serta beberapa nama lain masuk dalam The 500 Most Influential Muslims 2017 dalam 50 urutan teratas.

Sejumlah nama dari Indonesia tersebut dianggap mampu menorehkan perubahan yang berdampak signifikan terhadap dunia muslim. Mereka dianggap bisa tetap menjaga spirit Islam yang moderat di tengah-tengah perbedaan agama yang ada. (IP)