Siapa Saja yang Wajib Berkurban?

Siapa Saja yang Wajib Berkurban?
Kambing merupakan salah satu hewan yang bisa digunakan untuk berkurban. (nu.or.id)

Pada Hari Raya Iduladha, umat Islam merayakan ibadah kurban. Hmm, tapi, siapa saja ya yang wajib berkurban?

Inibaru.id – Wah, sebentar lagi umat Islam akan merayakan Hari Raya Iduladha! Pada hari tersebut, sebagian umat Islam juga melakukan ibadah kurban. Hmm, yang jadi pertanyaannya, nih, siapa saja ya yang wajib berkurban?

Sebelum membahasnya, kita perlu tahu dulu makna kurban. Kata tersebut berasal dari bahasa Arab qariba – yaqrabu – qurban wa qurbanan wa qirbanan yang artinya dekat. Menurut istilah, kurban bermakna menyembelih hewan dengan tujuan beribadah kepada Allah pada Hari Raya Haji atau Iduladha serta tiga Hari Tasyriq, yaitu tanggal 11, 12, dan 13 bulan Dzulhijah.

Wajb bagi yang Mampu

Ibadah kurban wajib dilakukan bagi orang yang mampu. (aswajamuda.com)

Kurban ditentukan sebagai ibadah yang memiliki hukum sunah muakkad. Imam Malik dan Imam al-Syafi’i juga mengukuhkan hal ini. Tetapi, Imam Abu Hanifah menyebutkan bahwa ibadah tersebut hukumnya wajib bagi yang mampu dan nggak dalam keadaan bepergian, seperti ditulis nu.or.id (25/8/2017).

Eits, tetapi, makna dari kata “mampu” nggak dibatasi, lo, Millens. Maksudnya, ketika seseorang memiliki banyak harta, baik tunai maupun non tunai, maka dia wajib berkurban. Lalu, perempuan dan laki-laki nggak memiliki perbedaan dalam beribadah kurban, seperti dikutip dari cnnindonesia.com (30/8/2017). Jika memang mampu, ibadah tersebut wajib dilaksanakan.

Ketentuan Kurban

Kambing, domba, kerbau, sapi, dan unta dapat digunakan untuk berkurban. (sman5kotabogor.wordpress.com)

Nah, kalau kamu hendak berkurban atas namamu pribadi, kamu bisa memilih hewan atau kambing. Sementara, kalau kamu hendak berkurban secara berombongan, kamu bisa berkurban sapi, kerbau, dan unta. Yap, hewan-hewan tersebut diperuntukkan sebagai kurban atas nama tujuh orang.

Jangan lupa, pastikan hewan yang kamu beli sudah sesuai dengan syariat Islam, yakni sehat dan nggak cacat. Selain itu, hewan-hewan tersebut juga perlu mencapai usia tertentu sebelum boleh dikurbankan. Misalnya, usia minimal domba adalah 1 tahun dan usia minimal unta adalah 5 tahun. Sementara, kambing, sapi, dan kerbau harus berusia 2 tahun atau lebih.

Dengan melaksanakan ibadah kurban, kita bisa mendekatkan diri kepada Allah sekaligus menghilangkan egoisme, keserakahan, dan indivualisme. Secara nggak langsung, kita juga membuat gembira kaum fakir pada hari raya.

Ibadah yang indah sekali, kan? (IB08/E05)