Ramadan Sudah Berlalu, Jangan Lupa Ganti Puasamu

Ramadan Sudah Berlalu, Jangan Lupa Ganti Puasamu
Ilustrasi menanti buka puasa. Hellosehat.com)

Puasa Ramadan kemarin ada yang bolong? Yuk ah jangan malas ganti, Millens.

Inibaru.id – Bagi umat muslim yang sudah akil balig, berpuasa saat bulan Ramadan wajib hukumnya. Maka saat puasanya ada yang batal baik sengaja maupun nggak sengaja, dia juga wajib mengganti atau mengqadanya, Millens.

Yap, puasa qada atau puasa pengganti wajib dilaksanakan pada hari-hari selain bulan Ramadan, 1 syawal, 10 Zulhijah, serta tiga hari setelah Zulhijah (hari tasyrik). Jadi, kamu punya banyak waktu untuk menggantinya kan? 

Ada beberapa golongan yang dibolehkan untuk nggak berpuasa saat Ramadan dan menggantinya di hari lain nih. Di antaranya orang yang sedang sakit sehingga nggak kuat untuk berpuasa, musafir, perempuan yang sedang haid atau nifas, juga perempuan hamil dan menyusui seperti ditulis dalamislam.com (16/6/2016).

Niat Puasa Qada

Niat puasa qada. (puasav.blogspot.com)

Muslim.or.id menulis, dasar qada puasa adalah QS Al Baqarah: 185. Dalam ayat itu dijelaskan bahwa wajib bagi seorang muslim berpuasa sebanyak hari yang ditinggalkannya pada saat Ramadan. Dia boleh mengqada puasanya pada hari-hari selain Ramadan.

Oya, kalau seorang muslim memiliki utang puasa qada maka sama artinya lo dengan dia memiliki utang kepada Allah SWT. Makanya puasa qada harus disegerakan selagi nggak ada halangan, Millens.

Yuk, segerakan mengqada puasa kamu. Sebelum ramadan selanjutnya datang lagi nih. (IB10/E05)