Pesona Si Kubah Emas, Masjid Termegah Se-Asia Tenggara

Masjid Kubah Emas disebut-sebut sebagai masjid termegah se-Asia Tenggara. Masjid bergaya Timur Tengah ini memiliki lima kubah yang berlapis emas. Seperti apa kemegahannya?

Pesona Si Kubah Emas, Masjid Termegah Se-Asia Tenggara
Masjid Kubah Emas Depok. (umrohmalang.com)

Inibaru.id – Siapa sangka Kota Depok, Jawa Barat, memiliki masjid termegah se-Asia Tenggara? Masjid itu bernama Masjid Dian Al-Mahri atau biasa sebut Masjid Kubah Emas. Masjid yang dibangun pada April 1999 dan diresmikan pada 31 Desember 2006 ini memakai gaya arsitektur Timur Tengah.

Luas kawasan masjid ini nggak main-main besarnya, yakni 70 hektare dengan luas bangunan 8.000 meter persegi. Wah! Yang menarik, seperti ditulis Detik.com (28/12/2017), masjid tersebut memiliki lima kubah berlapis emas 22 karat!

Kelima kubah yang ada di Masjid Dian Al-Mahri melambangkan Rukun Islam. Selain itu, masjid megah tersebut juga memiliki enam menara yang melambangkan Rukun Iman dalam Islam.

Kawasan Majid Kubah Emas tampak atas (iklantravel.com)

Nggak hanya dari segi eksterior, interior Si Kubah Emas ini juga sangat mengagumkan. Sebuah lampu besar tergantung di tengah langit-langit bangunan masjid. Konon, lampu itu didatangkan langsung dari Austria yang didesain khusus oleh pendiri masjid yaitu Dian Djuriah Maimun Al Rasyid.

Lampu seberat 2,7 ton ini kemudian digantung dengan tali lampu gantung yang berasal dari Italia. Lampu dan tali gantungan mewah tersebut tampak serasi dengan langit-langit bangunan masjid yang dilukis dengan gambar awan. Relief di atas tempat imam masjid juga dilapisi emas 18 karat. Wah, luar biasa!

Interior Masjid Kubah Emas. (kontraktor-kubahmasjid.com)

Masjid berkapasitas 15 ribu orang ini ramai dikunjungi bahkan ketika hari biasa. Karno, salah seorang pengurus masjid mengatakan kepada Detik.com bahwa pengunjung masjid bisa mencapai 7.000 orang tiap harinya.

Nah, lantaran selalu ramai pengunjung, kawasan ini pun dilengkapi berbagai fasilitas seperti aula, toko makanan, vila, dan butik pakaian.

Safari Ramadan

Selain digunakan sebagai tempat ibadah sehari-hari, Masjid Kubah Emas juga rutin menggelar kegiatan seperti majelis taklim hingga Safari Ramadan. Nggak heran kalau ribuan jamaah maupun turis selalu mengunjungi masjid ini setiap hari.

Masjid Kubah Emas. (ulinulin.com)

Hajjah Dian 

Yap, masjid tersebut memang begitu istimewa. Dian Djuriah Maimun Al Rasyid, sang pendiri masjid cum pengusaha pertambangan kaya raya asal Banten, memang sengaja mewakafkan sebagian hartanya untuk pendirian masjid itu.

Mengutip laman Pegipegi.com (12/03/2018), melalui Masjid Kubah Emas ini, Hajjah Dian berharap syiar Islam yang dia jalankan dapat memeberikan inspirasi bagi semua orang. Dia pun ingin mengajarkan betapa berharganya ikhlas bagi agama dan kemanusiaan.

Masjid Kubah Emas. (limakaki.com)

Hingga saat ini nggak ada yang tahu pasti berapa total dana yang digunakan untuk membangun Masjid Kubah Emas. Namun, para ahli arsitektur menaksir biaya yang dihabiskan untuk membangun masjid tersebut mencapai puluhan miliar rupiah.

Nah, itu dia sekilas gambaran dan kisah dibalik Masjid Kubah Emas. Jika berkunjung ke Kota Depok, kamu harus banget mengunjungi masjid yang satu ini. Sembari mengagumi kemegahan masjid, kamu bisa sekaligus berwisata religi juga. (IB13/E03)