Masjid Amirul Mukminin, Tempat Ibadah dan Wisata Jadi Satu

Masjid Amirul Mukminin, Tempat Ibadah dan Wisata Jadi Satu
Penampakan Masjid Amirul Mukminin kala malam tiba. (kumparan.com)

Saat air laut pasang, Masjid Amirul Mukminin terlihat seolah mengapung. Kamu bakal merasa berdiri di atas air.

Inibaru.id – Di Makassar ada masjid yang dibangun di atas laut, loh! Waduh, jangan terkejut dulu. Masjid ini bernama Masjid Amirul Mukminin. Dibangun pada 8 Mei 2009, masjid ini berdiri di atas lahan seluas 1.683 persegi.

Karena dibangun di atas laut, masjid ini ditobang 164 tiang pancang agar kokoh. Uniknya saat laut pasang, tiang tersebut akan tertutup air dan masjid seolah mengapung di laut. Wah, bakal betah deh lama-lama di sini.

Suasana di dallam Masjid Amirul Mukminin. Meski nggak pakai AC, di dalam ruangan tetap sejuk

Suasana di dalam Masjid Amirul Mukminin. Meski nggak pakai AC, di dalam ruangan tetap sejuk (travel.rakyatku.com).

Masjid Amirul Mukminin Makasar letaknya di Jalan Penghibur No. 289, Losari, Ujung Pandang, Kota Makassar, berhadapan langsung dengan rumah Wali Kota Makassar. Karena letak dan bentuknya yang cantik, nggak heran jika pengunjung nggak hanya singgah untuk salat tapi juga berswafoto. Soal kapasitas, Masjid Amirul Mukmini ini bisa menampung 500 jamaah, lo! Jadi kamu nggak perlu khawatir nggak mendapat tempat saat pengin beribadah di masjid Amirul Mukminin, Millens.

Tiga Lantai, Tiga Fungsi

Masjid ini punyai tiga lantai dengan fungsi yang berbeda-beda. Di lantai pertama berfungsi sebagai ruang salat berjamaah bagi pria, kemudian lantai kedua berfungsi sebagai ruang salat bagi wanita, sedangkan di lantai ketiga atau paling atas berfungsi untuk pria dan wanita yang ingin melaksanakan salat sendiri.

Selain itu, masjid ini dianggap sebagai masjid terapung pertama di Indonesia, lo! Kebanyakan dari pengunjung "masjid mengapung" ini adalah wisatawan. Jika sudah beribadah di lantai satu maupun dua, wisatawan sering naik ke lantai tiga melalui tangga yang melingkar di sisi kanan dan kiri untuk menikmati pemandangan Pantai Losari dari lantai tiga Masjid Amirul Mukminin.

http://cdn-2.tstatic.net/tribunnews/foto/bank/images/masjid-terapung-makassar_20150525_175408.jpg

Kamu bisa melihat pemandangan ciamik Pantai Losari dari jendela lantai 3 ini. (tribunnews.com)

Kalau lelah, kamu bisa lo beristirahat sejenak di masjid unik ini. Eits, walaupun tempatnya cantik dan romantis saat malam hari, kamu nggak boleh pacaran di sini ya. Ha ha  (MG10/E05)