Perlu Tahu! Ini 6 Amalan Gapai Derajat Mulia Sebagai Haji Mabrur

Pemberian predikat mabrur, memang hanya Allah yang berkuasa. Tapi kita bisa berusaha dengan lakukan ini.

Perlu Tahu! Ini 6 Amalan Gapai Derajat Mulia Sebagai Haji Mabrur
Jamaah haji di Masjidil Haram. (Foto: thevocket.com)

Inibaru.id - Musim haji kembali tiba. Hal ini ditandai dengan berkumpulnya umat muslim dari berbagai penjuru dunia di satu titik yang disebut Masjidil Haram. Ya, tentu untuk melaksanakan ibadah haji yang merupakan rukun islam kelima bagi umat muslim. Setiap orang yang sungguh-sungguh ingin erangkat ke Tanah Suci guna melaksanakan Ibadah haji tentu berharap jika hajinya tersebut menjadi haji yang mabrur

Penilaian predikat mabrur, memang hanya Allah yang dapat memberi kuasa. Namun, sebagai manusia yang hanya bisa berusaha, tak ada salahnya jika kita melakukan hal-hal yang dicintai Allah terutama saat melakukan serangkaian ibadah di tanah suci supaya lebih mendekatkan diri pada-Nya dan mendapat derajat mulia.

Nah, berikut ini adalah beberapa hal yang dapat dilakukan oleh jamaah haji untuk dapat menggapai derajat mulia sebagai haji mabrur seperti dilansir dari daring umrohbackpacker.id.

Baca juga: Calon Haji Tertua Indonesia Jadi Tajuk Berita Sejumlah Media di Arab

1. Niat ikhlas

Segala sesuatu hal harus dimulai dengan niat yang baik, tak terkecuali untuk menunaikan ibadah haji. Untuk menggapai derajat mabrurNya, niatkan haji tersebut hanya semata-mata karena Allah. Bukan untuk pangkat “H”atau “Hj” saat kembali ke tanah air.

2 Bertekad menjadi haji mabrur

Calon jamaah haji harus percaya dengan kemurahan yang diberikan oleh Allah. Termasuk kuasa-Nya untuk memberikan derajat mulia kepada setiap hamba yang mau memohon dengan sungguh-sungguh.

3. Bersikap Ihsan

Ihsan berarti menghadirkan dan menyadari di dalam hati, bahwa Allah selalu mengamati segala perilaku kita dalam setiap waktu dan di mana pun kita berada. Sehingga kita akan cenderung menjauhkan diri dari perbuatan maksiat, bid’ah dan dosa yang dapat menghilangkan pahala haji.

4. Selalu berzikir mengagungkan kekuasaan Allah

Setiap jamaah haji harus menunaikan segala aktivitas haji dengan tenang dan tidak tergesa-gesa, baik dalam perkataan maupun tindakan. Masa haji adalah waktu yang mulia. Jadi manfaatkanlah kesempatan itu untuk memperbanyak ibadah dan berzikir.

5. Meningkat Hablum Minan Nas (hubungan baik antar sesama manusia)

Hal tersebut dapat diwujudkan dengan melakukan perbuatan baik sebanyak mungkin kepada sesama dimulai saat melakukan ibadah haji hingga seterusnya. Misal bersikap lembut, rendah hati, tidak menyakiti perasaan orang lain saat bergaul di tempat umum.

Baca juga: 5 Sunah Ini Bakal Bikin Salat Idul Adha Anda Lebih Asyik

6. Bersikap sabar dan banyak memanjatkan syukur.

Sikap sabar dan bersyukur saat melaksanakan ibadah haji merupakan salah satu amalan yang terberat. Tentu sabat dalam menyiklapi segala hal, dari hal terkecil sekalipun. Misal, cuaca di Indonesia dengan di Arab tentu berbeda. Cuaca panas dan dingin di tanah suci cenderung ekstrim. Jika seseorang pandai memaknai, hal demikian merupakan salah satu ujuan pada kita untuk selalu bersikap sabar dan bersyukur atas apa yang diberiikan oleh Allah.

Demikian beberapa hal yang dapat dilakukan jamaah haji di Tanah Suci sebagai upaya mendekatkan diri pada Allah dan dapat menggapai derajat mulia sebagai haji mabrur. (NA/IB)