Sederet Manfaat Puasa Senin dan Kamis

Sederet Manfaat  Puasa Senin dan Kamis
Ilustrasi puasa. (Shutterstock)

Puasa Senin dan Kamis? Why not?

Inibaru.id – Apakah kamu salah satu orang yang berat menunaikan puasa Senin dan Kamis? Eits, jangan mengeluh dulu. Puasa Senin dan Kamis menyimpan berbagai manfaat lo. Yuk simak artikel berikut biar puasamu semangat.

1. Meningkatkan Kesabaran

Puasa meningkatkan kesabaran. (Flickr)

Buat kamu yang gampang marah, puasa Senin Kamis sangat bermanfaat lo. Melansir santrimuda.com, puasa dapat menstabilkan jiwa. 

“Segala sesuatu itu ada zakatnya, sedangkan zakat jiwa itu adalah berpuasa. Dan puasa itu separuh kesabaran.” (HR. Ibnu Majah)

Nggak percaya? Yuk coba!

2. Melatih Penguasaan Diri

Ilustrasi mengendalikan diri. (beautyfit)

Puasa mengajarkan umat untuk menahan hawa nafsu. Kamu jadi nggak rakus dan boros dalam segala hal termasuk soal makan dan belanja. Setuju nggak, Millens? 

3. Menambah Amalan

Puasa dapat meningkatkan amal ibadah. (U-Report)

Siapa yang nggak senang jika yang dilakukannya diganjar pahala oleh Allah SWT? Selain puasa itu sendiri bernilai ibadah, semua kegiatan yang dilakukan seorang yang berpuasa juga dinilai ibadah. Bahkan tidur sekalipun dinilai ibadah. Mantap kan? Tapi kamu jangan tidur seharian karena puasa ya? He he

4. Meningkatkan Rasa Syukur

Puasa dapat meningkatkan rasa syukur. (Shutterstock.com)

Saat tiba waktu berbuka, kamu pasti bersyukur banget kan. Tapi coba lihat para duafa yang nggak bisa menikmati makanan meski sudah lewat tengah malam. Maka dari itu, puasa bisa meningkatkan rasa syukur terhadap apa yang diberikan Allah SWT.  

5. Menyehatkan Tubuh

Puasa dapat menyehatkan tubuh. (NET)

Nggak hanya itu, puasa juga sangat baik bagi kesehatan tubuh. Banyak ahli kesehatan yang menyatakan bahwa puasa dapat membersihkan tubuh dan menyembuhkan berbagai penyakit. Karena saat berpuasa, sistem pencernaan dapat beristirahat sehingga sistem tubuh yang lainnya dapat bekerja lebih baik. Risiko terserang pelbagai penyakit seperti tekanan darah tinggi dan juga kadar kolesterol tubuh lebih kecil.

6. Menghindarkan Diri dari Dosa

Ilustrasi puasa melindungi umat dari perbuatan dosa. (Antikjawa.com

“Puasa adalah benteng yang membentengi seseorang dari api neraka yang membara” (Hadis Riwayat. Ahmad dan Baihaqi).

Dari hadis tersebut, seseorang yang puasa dapat menghindari diri dari berperilaku buruk yang dapat menimbulkan dosa. Dia akan fokus pada hal-hal yang lebih bermanfaat dan bernilai ibadah.

Luar biasa ya manfaat puasa Senin dan Kamis ini. Semoga menambah motivasimu melaksanakannya. (IB12/E05)