Masjid Jami’e Darussalam, Masjid Segitiga Mungil Karya Kang Emil

Psst, ada masjid dengan bangunan unik dan modern di Jakarta Pusat. Desain masjid ini dibuat oleh Ridwan Kamil, lo. Penasaran seperti apa? Yuk simak!

Masjid Jami’e Darussalam, Masjid Segitiga Mungil Karya Kang Emil
Masjid Segitiga. (Rakyatmerdeka.co)

Inibaru.id – Masjid dengan bentuk unik memang menarik untuk diulik. Nggak terkecuali masjid yang satu ini. Di Bilangan Jakarta Pusat ada sebuah masjid yang berbentuk segitiga, lo.

Yap, Masjid tersebut adalah Masjid Jami’e Darussalam. Lokasinya nggak jauh dari Mall Grand Indonesia, kira-kira hanya 300 meter saja dari sana, tepatnya di Kotabumi Ujung, Kebon Melati.

Masjid ini memang nggak terlalu besar kapasitasnya. Luasnya hanya sekitar 320 m2. Paling nggak, kurang lebih 700 jamaah yang tertampung seperti yang dilansir dari plongsite.wordpress.com (21/10/2016).

Tapi kalau kamu ke sana, pasti bakal takjub deh sama gaya bangunannya. Itu karena masjid tersebut nggak punya kubah dan bentuk bangunannya segitiga. Ruangan utamanya terletak bagian di atas, lengkap dengan mimbar dan dinding yang dipenuhi kaligrafi.

Interior masjid segitiga. (suara.com)

Selama bulan Ramadan, masjid yang resmi dibuka pada 25 Juni 2015 ini menyediakan makanan dan minuman untuk berbuka puasa secara cuma-cuma.

Menurut viva.co.id (5/6/2018), desainnya sangat modern karena sisi-sisi masjid ini dilapisi kaca. Sehingga masjid Jami’e Darussalam memiliki natural light  tanpa memerlukan penerangan di siang hari.

Masjid ini merupakan karya Wali Kota Bandung Ridwan Kamil melalui Urbane, biro arsitektur miliknya. Proyek pembangunan Masjid Jami'e Darussalam ini dimulai pada 2012.

Sempat Ditolak Warga

Meskipun bangunan ini cantik, ternyata masjid ini pernah ditolak keberadaannya oleh warga sekitar, lo, Millens. Pasalnya bentuk masjid ini yang lebih menyerupai gereja. Padahal masjid ini dilengkapi dengan menara dengan lafaz Allah di puncaknya.

Seperti yang dilansir dari kumparan.com (7/6/2018), pengurus masjid telah menjelaskan kepada warga yang menolak bahwa nggak masalah seperti apa bentuk sebuah masjid. Yang penting adalah ibadah yang dilakukan di dalamnya. Betul nggak, Millens?  

Nah, kalau kamu ada di sekitaran Jakarta Pusat, mampir saja untuk melaksanakan salat di sana! (IB06/E05)