Desain Unik Masjid Kubus di Kota Kembang

Bandung menjadi salah satu kota dengan arsitektur bangunan paling unik di Indonesia, tak terkecuali bangunan masjidnya. Berbentuk kubus laiknya Kabah, Masjid Al-Irsyad di Bandung menjadi salah satu masjid paling dikagumi di negeri ini. Seberapa keren?

Desain Unik Masjid Kubus di Kota Kembang
Masjid Al-Irsyad (arsitag.com)

Inibaru.id- Masjid Kubus, begitulah biasanya Masjid Al Irsyad disebut. Ini lantaran masjid yang berada di Jalan Parahyangan, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, itu memiliki bangunan berbentuk kubus. Ya, desain masjid Al Irsyad memang dirancang mirip Kabah. Berbeda dari kebanyakan masjid di negeri ini, Masjid Al Irsyad tanpa kubah.

Namun, bukan itu saja keunikan masjid yang didominasi warna abu-abu tersebut. Mengutip Detik.com (8/6/2017), selain bentuknya yang seperti kubus besar, masjid yang selesai digarap pada Agustus 2010 itu juga memiliki penataan batu bata yang mengagumkan.

Pada keseluruhan dinding di setiap sisinya, kamu akan melihat celah-celah di temboknya. Selain berperan sebagai ventilasi udara, celah-celah tersebut jika diperhatikan dari jauh membentuk pola kaligrafi berupa Dua Kalimat Syahadat, ikrar penting bagi umat Muslim.

Dinding Masjid Al Irsyad yang membentuk pola kaligrafi berupa Dua Kalimat Syahadat. (Mustakagroup.com)

Pemandangan celah-celah Masjid Al Irsyad jauh lebih indah pada malam hari, tepatnya saat lampu di langit-langit dalam masjid dinyalakan. Cahaya lampu akan menerobos celah tembok, sehingga kalimat tauhid pada celah tembok itu akan terlihat bercahaya jika dilihat dari kejauhan. Hm, bisa kamu bayangkan keindahannya, bukan?

Masjid Al Irsyad memiliki 99 buah lampu pada langit-langitnya. Berbentuk kotak panjang, jumlah lampu-lampu tersebut menyimbolkan nama-nama Allah atau Asmaul Husna yang berjumlah 99. Yang menarik, nama-nama tersebut bakal terlihat ketika lampu dinyalakan.

Langit-langit Masjid Al Irsyad yang berjumlah 99 buah. (Gandrie-ramadhan.blogspot.co.id)

Keunikan lain dari masjid yang memiliki luas sekitar 1.871 meter persegi tersebut adalah ketiadaan tiang atau pilar yang umumnya menjadi penyangga utama kebanyakan masjid. Jadi, hanya ada empat sisi dinding yang menjadi pembatas sekaligus penopang atapnya.

Yang menarik, bentuk mihrab Masjid Al Irsyad dirancang terbuka tanpa dinding apa pun pada bagian kiblat masjid. Di depan mihrab terdapat satu bola besar berwarna hitam bertuliskan kaligrafi Allah yang menghadap ke arah jemaah. Bola tersebut diletakkan seolah berada di atas air. Ini menggambarkan bahwa setiap makhluk yang salat akan menghadap Tuhan.

Masjid Al Irsyad berbentuk kubus tanpa tiang penyangga. (Pinterest.com)

Masjid yang bisa menampung sekitar 1.500 jemaah itu memiliki tiga buah pintu utama yang bentuknya serupa di sisi utara, selatan, dan timur masjid. Pada tiap pintu tersebut terdapat lorong yang menjorok ke halaman disertai bangku yang bisa digunakan untuk menunggu waktu salat atau teman yang sedang beribadah. Jadi, kamu yang tengah menunggu di lorong, tetap terhindar dari sengatan matahari atau guyuran hujan.

Konsep Tawaf

Selain bangunan, penataan halaman Masjid Al Irsyad juga nggak kalah keren, Millens. Halamannya ditata dengan lanskap dan ruang terbuka. Terinspirasi dari konsep tawaf yang mengelilingi Kabah, halaman masjid tersebut juga dibentuk garis-garis melingkar mengelilingi bangunan masjid.

Masjid Al Irsyad (kotabaruparahyangan.com)

Keunikan konsep bangunan membuat Masjid Al Irsyad selalu ramai dikunjungi orang. Nggak hanya dari masyarakat Bandung saja, masjid itu tapi juga acap menjadi rujukan wisatawan saat berkunjung ke Bandung. Sejumlah wisatawan mancanegara seperti dari Malaysia, Singapura, Timur Tengah, Belanda, Australia dan beberapa negara Eropa lainnya juga kerap berkunjung.

Interior Masjid Al-Irsyad (ick0blogs.wordpress.com)

Lantaran keunikannya itu pula, masjid rancangan Walikota Bandung non-aktif Ridwan Kamil tersebut pernah menyabet penghargaan bergengsi tingkat dunia.

Masjid Al-Irsyad menjadi satu-satunya bangunan tempat peribadatan di Asia yang masuk lima besar Building of The Year 2010 dari National Frame Building Association. Pada perhelatan yang melibatkan sekitar 15 ribu orang arsitek di seluruh dunia itu, masjid Al Irsyad menjadi satu-satunya tempat peribadatan di selain gereja.

Penghargaan lain yang pernah diraih Masjid Al Irsyad adalah dari FuturArc Green Leadership Award 2011. Dalam anugerah yang diselenggarakan Building Construction Information (BCI) Asia tersebut, Masjid Kubus didapuk sebagai bangunan dengan konsep yang ramah lingkungan.

Masjid Al Irsyad Bandung. (dilandeswara.com)

Wah, wah, kalau semua masjid sekeren ini, tentu nggak bakal ada alasan umat Muslim untuk malas-malasan berjemaah di masjid ya, Millens? (IB05/E03)