Masjid Kebanggaan Warga Betawi Itu Bernama Masjid Si Pitung

Masjid Kebanggaan Warga Betawi Itu Bernama Masjid Si Pitung
Masjid si Pitung. (Boombastis.com)

Bangunan masjid yang terlihat sederhana itu memiliki berbagai keunikan. Mau tahu?

Inibaru.id - Pernah mendengar kisah pahlawan asal Betawi bernama Si Pitung? Nah, di salah satu gang di tengah pemukiman Ibukota, terdapat sebuah masjid kebanggaan suku Betawi yang disebut sebagai Masjid Si Pitung.

Masjid ini sebenarnya bernama Masjid Al Alam Marunda. Bangunan masjid ini nggak terlalu besar namun bernilai sejarah, Millens. Melansir dari boombastis.com (5/06/2018), konon, masjid itu menjadi tempat si Pitung menenangkan diri ketika dikejar oleh para kompeni Belanda.

Masjid si Pitung ini memiliki nama Masjid Al Alam Marunda. (Boombasti.com)

Nah nggak hanya itu, rumah si Pitung juga berdekatan dengan Masjid Al Alam Marunda, sehingga warga menyebut masjid tersebut dengan nama jawara asli dari Rawa Belong itu.

Dibangun dalam Sehari

Selain itu, konon katanya masjid tersebut dibangun hanya dalam waktu sehari, lo, Sobat Millens. Cerita tersebut sudah ada sejak dulu dan diceritakan turun-temurun.

“Menurut cerita dari zaman dulu, masjid ini dibangun hanya waktu semalam saja, tapi kan kebenarannya hanya pada Allah SWT,” kata pengurus Masjid Al Alam, Kusnadi, dikutip dari dream.co.id (15/06/2016).

Karena sejarahnya yang unik itu, banyak wisatawan dari berbagai daerah mengunjungi masjid itu sebagai salah satu destinasi wisata di Jakarta. Nggak hanya itu, ada faktor lain yang membuat masjid tersebut banyak pengunjungnya.

Nggak jauh dari lokasi Masjid Si Pitung, terdapat sebuah sumur yang katanya memiliki tiga rasa yaitu rasa payau, asin, dan manis jambu. Hmm

Sumur tiga rasa. (Boombastis.com)

Masjid Si Pitung ini berada dekat dengan kawasan Sekolah Tinggi Pelayaran Indonesia (STPI). Untuk menuju ke lokasihanya hanya bisa menggunakan kendaraan roda dua karena melewati gang-gang sempit.

Dengan beragam keunikan dari Masjid Si Pitung itu, membuat  banyak umat Islam dari berbagai daerah ingin mendatangi tempat ibadah yang satu ini.

Kalau kamu lagi jalan-jalan ke Jakarta, boleh juga lo mampir ke sini buat menunaikan sholat atau sekadar berwisata religi. (IB12/E05)