Masjid Ini Punya Eksterior Aquarium Ciamik

Masjid Ini Punya Eksterior Aquarium Ciamik
Pagar akuarium Masjid At Taqwa, Sukabumi, Jabar. (Mediaindonesia.com)

Desain eksterior masjid ini memang lain dari yang lain. Pasalnya, pagar masjid ini berupa belasan aquarium berisi ikan hias air laut tawar. Penasaran? Yuk simak!

Inibaru.id – Berada di kawasan Balai Besar Perikanan Budidaya Air Tawar (BBPBAT) Kota Sukabumi, masjid bernama At- Taqwa tersebut punya pemandangan unik. Kamu akan melihat 15 unit akuarium sebagai eksterior.  

Ditulis Detik.com (21/03/2018), akuarium tersebut sengaja dibuat sedemikian rupa sebagai pemanis eksterior masjid. Selain itu, tumpukan bebatuan yang dijadikan tempat air wudhu dibiarkan bertumpuk alami menambah eksotis penampakan masjid tersebut.

Menurut Jaka Trenggana, Kepala Seksi Kerjasama Teknis dan Informasi BBPBAT, pemugaran pagar bagian luar masjid At Taqwa selesai pada Februari lalu. Sejak keberadaan pagar akuarium, makin banyak jamaah yang betah berlama-lama berdiam diri di lingkungan masjid.

Mengenal Jenis Ikan

Tiap akuarium tertempel nama dan jenis ikan, mulai dari ikan mas koki, memphis, platy, guppy, sapu dan beberapa jenis ikan hias air tawar lainnya. Hal ini bertujuan mengenalkan ikan air tawar kepada jamaah masjid di sana.

Aquarium di masjid At Taqwa Sukabumi. (detik.travel.com)

"Masjid At Taqwa ini berada di lingkungan BBPBAT kita mengambil tema ikan agar masyarakat lebih mencintai ikan. Sambil beribadah juga mencintai lingkungan alam salah satunya ikan air tawar," kata Jaka.

Ikan-ikan tersebut dirawat dengan sangat baik, lo, Millens. Untuk pakan, tersedia semacam wadah yang berisi cacing-cacing kecil hidup yang menjadi santapan dibuat mirip di habitat alami. Agar tetap cantik dan menarik akuarium itu dirawat setiap hari.

Sirkulasi air di aquarium dijalankan melalui pompa kecil. Kamu juga nggak akan melihat kaca aquarium berembun. Petugas membersihkannya tiap pagi dan sore. Pemandangan pagar akuarium masjid ini makin syahdu ketika malam tiba, Millens. Terpasang ornamen pencahayaan warna-warni juga, lo. Ciamik, kan?

"Ada set cahaya berwarna warni memantul di air kolam akuarium kalau malam, makin enak kalau dilihat malam. Motivasi kami di BBPBAT untuk meningkatkan kualitas menjalankan ibadah, intinya membuat betah jamaah yang beribadah di tempat ini," tandasnya.

Wah, pasti bikin betah lama-lama di masjid ya, Millens? Kalau kamu ke Sukabumi, jangan lupa mampir ke sani ya! (IB06/E05)