Masih Tak Syukur Mudik Mepet Lebaran? Belajar Dulu dari 10 Profesi Ini.

Tak syukur mudik mepet lebaran? Coba profesi ini

Masih Tak Syukur Mudik Mepet Lebaran? Belajar Dulu dari 10 Profesi Ini.
Polisi mengatur lalu lintas. (foto: wowmwnariknya.com)
1k
View
Komentar

inibaru.id - Lebaran merupakan momen yang yang sangat dinantikan oleh sebagian besar orang khususnya bagi umat muslim. Pasalnya, selain sebagai hari kemenangan karena telah satu bulan penuh menahan hawa nafsu dengan berpuasa, moment lebaran juga dimanfaatkan sebagai waktu berkumpul bersama keluarga. Oleh karenanya, terkhusus bagi masyarakat Indonesia akan sangat familiar dengan istilah mudik atau pulang kampung halaman.

Meskipun demikian, tahukah kalian bahwa momen tersebut ternyata tak bisa dirasakan oleh sebagian orang yang berada pada profesi tertentu. Merelakan kesempatan berharga seperti berkumpul dengan keluarga besar bukan  perkara yang mudah. Namun demi tuntutan profesi yang harus dijalani, mau tak mau mereka dituntut untuk profesional terhadap pekerjaan yang ia jalani. Walaupun harus meninggalkan kesempatan merayakan hari kemenangan bersama keluarga.

Nah, berikut ini merupakan beberapa profesi yang patut diapresiasi karena telah merelakan waktu berharganya di hari kemenangan demi tugas yang harus dilaksanakan.

Baca juga:
7 Bentuk Investasi Terbaik yang Diatur dalam Al Quran dan Hadist
Calon Haji Termuda Asal Sumatera Ini Sisihkan Uang Sejak SMP Demi Bisa Naik Haji

  1. Polantas

Sosok polisi lalu lintas terkadang menjadi momok menakutkan bagi masyarakat, terutama bagi pengendara yang nakal, tidak membawa kelengkapan berkendara dan tidak mematuhi peraturan lalu lintas. Namun jauh dari kesan itu, polantas ini patut diacungi jempol karena telah berdedikasi mengatur lalu lintas selama arus mudik demi lancar, aman dan nyamannya warga ketika mudik lebaran.

  1. Pekerja Media Massa

Media merupakan alat komunikasi yang sangat dibutuhkan saat ini untuk memberikan informasi kepada masyarakat. Melalui media inilah, seseorang dapat mengetahui semua informasi, termasuk kabar mudik. Sehingga para pekerja media seringkali tidak memiliki waktu libur meski di hari lebaran sekalipun.

  1. Tenaga Medis

Tak ada seorangpun yang menginginkan musibah sakit, tak ada juga yang tahu kapan seseorang akan sakit. Dan hampir dapat dipastikan tiap hari pasti ada orang sakit yang berobat di rumah sakit. Terutama ketika saat mudik, angka rawan kecelakaan juga semakin tinggi. Oleh karena itu, tenaga medis seperti dokter dan perawat harus standby 24 jam di rumah sakit. Tentu dalam profesi ini menggunakan sistem shift, namun minim peluang bagi seoarang tenaga medis mendapatkan kesempatan tersebut.

  1. Petugas SPBU

Ketika lebaran datang, mobilitas kendaraan juga akan naik misalnya untuk keperluan berkunjung ke keluarga atau hanya sebatas menghabiskan waktu untuk sekedar jalan-jalan. Hal tersebut tentu akan memengaruhi kebutuhan BBM yang berdampak pada pekerjaan petuga SPBU. Sehingga seringkali mereka tidak dapat libur meski saat lebaran.

  1. Petugas Jasa Trasportasi

Transportasi umum sangat berperan penting mengantarkan para pemudik untuk tiba dikampung halaman. Tak sedikit pula pemudik yang baru berangkat atau kembali pulang saat hari lebaran, itu sebabnya peran pegaeai transportasi sangat dibutuhkan disini. Sehingga mereka yang berkerja di sektor ini harus merelakan waktunya untuk tak merayakan hari kemenangan bersama keluarga karena lonjakan penumpang.

  1. Customer Service

Profesi ini juga tak libur tiap kali lebaran. Mereka harus tetap ramah melayani dan menerima keluhan, dimana semua orang sedang menikmati liburan hari raya.

  1. Penjaga Pintu Tol

Jalan tol merupakan salah satu hal yang vital bagi para pemudik saat lebaran. Bahkan kini jalan tol menjadi favorit para pemudik yang menggunakan kendaraan roda empat. Bahkan hingga lebaran tiba kendaraan tak ada habisnya buat melintas di jalan tol. Sehingga hal itu membuat penjaga loket tol harus bekerja ekstra.

Baca juga:
Tepat Pilih Bahan Infused Water, Bantu Hindari Dehidrasi dan Lesu Saat Puasa
Berburu Malam Lailatul Qadar, Kenali 8 Tanda-Tanda Datangnya.

  1. Penjaga Palang KRL

Memastikan kereta api bisa lewat dengan lancar merupakan tugas mereka. Meski lebaran datang, mudik bukan bagian dari kehidupan mereka.

  1. Petugas Pusat Perbelanjaan

Lebaran juga merupakan momen yang biasanya dihabiskan untuk bersenang-senang bersama keluarga. Salah satu tempat yang sering dikunjungi dalam hal ini adalah tempat perbelanjaan. Sehingga bagi petugas perbelanjaan harus tetap memberikan pelayanan terbaik meski sedang lebaran sekalipun.

  1. Takmir Masjid Besar

Shalat Ied merupakan salah satu shalat sunah yang sangat dianjurkan bagi umat muslim ketika Hari Raya tiba. Termasuk ketika Raya Idul Fitri. Nah, bagi takmir yang berada diperantauan memastikan jamaah shalat ied di masjid dapat berjalan lancar dan nyaman merupakan sebuah tugas yang tidak bisa ditinggalkan. Sehingga terkadang mereka harus merelakan waktu berkumpul keluarga di kampung halaman kala lebaran tiba. Maksimal hingga tugasnya mengurus persiapan shalad ied selesai, para takmir yang berada diperantauan baru akan bisa mudik dan menikmati waktunya bersama keluarga.

Beberapa profesi tersebut setidaknya memberikan pelajaran kepada kita untuk selalu bersyukur karena masih dapat merayakan hari kemenangan serta dapat berkumpul dalam dekapan hangat keluarga. (NA/IB)