Lakukan Empat Amalan Ini Saat Gerhana Bulan 28 Juli Nanti

Sebentar lagi kita akan melewati fenomena langka nan indah nih. Tapi nggak hanya melihat keindahannya saja, ada beberapa amalan ibadah yang bisa dilakukan. Apa saja ya?

Lakukan Empat Amalan Ini Saat Gerhana Bulan 28 Juli Nanti
Gerhana bulan total atau "blood moon". (Natskies Observatory)

Inibaru.id – Sobat Millens, gerhana bulan total alias blood moon akan terjadi Sabtu (28/7/2018) lo. Kamu bisa melihat fenomena alam itu mulai pukul 00.13 WIB.

Yap, pada saat itu bulan mulai tertutup oleh bayangan bumi sehingga terjadi gerhana bulan total.

Melansir tribunnews.com Rabu (25/7/2018), gerhana bulan total kali ini akan menjadi yang terlama pada abad 21. Fenomena itu akan berlangsung selama 3 jam 55 menit dengan gerhana bulan total selama 1 jam 43 menit. Nah, bakal puas kan melihatnya?

Eits, selama gerhana bulan total kamu nggak hanya bisa berswa foto, nge-vlog, atau menonton keindahannya saja lo. Sebagai umat muslim, momentum gerhana bulan dianggap sebagai salah satu tanda kebesaran Allah SWT.

Lalu amalan apa saja yang bisa dilakukan?

1. Salat Gerhana Bulan

Tata cara salat gerhana. (peduli-jilbab.com)

Umat muslim dianjurkan beribadah sebanyak-banyaknya saat gerhana bulan. Salah satunya dengan  menjalankan salat gerhana bulan. Hukumnya memang sunnah muakkad, tapi kalau sempat dan sehat kenapa nggak? 

2. Sedekah

Sedekah menjadi salah satu amalan yang bisa dilakukan saat gerhana bulan. (faktualnews.co)

Nggak hanya salat gerhana bulan, kamu juga bisa melakukan amalan lain seperti bersedekah. Menyisihkan sebagian harta kita untuk orang lain yang lebih membutuhkan nggak ada salahnya lo.

3. Memperbanyak Zikir, Doa, dan Istigfar

Perbanyaklah doa, zikir, dan istigfar. (hijup.com)

Oya, kamu juga bisa memperbanyak doa, zikir, dan istigfar. Momen gerhana bulan bisa menjadi ajang mendekatkan diri pada Allah SWT. Dengan begitu kamu akan merasa lebih tenang deh.

4. Bertobat

Lakukan taubat dengan penuh kesungguhan. (islamidia.com)

Last but not least, bertobat dari maksiat bisa menjadi amalan yang kamu lakukan. Tentu kamu harus melakukannya dengan penuh kesungguhan agar tobatmu diterima oleh Allah SWT.

Nah, melewati gerhana bulan total nggak harus dengan hura-hura kan? Mendekatkan diri pada Allah SWT tentu akan membuat kamu lebih tenang. So, selamat menanti momen langka itu ya! (IB10/E05)