Kemenag Gelar Sidang Isbat Tertutup Sore Ini

Pelaksanaan sidang isbat, inilah beritanya

Kemenag Gelar Sidang Isbat Tertutup Sore Ini
Sidang isbat ramadhan 2017 (Foto : youtube.com)
926
View
Komentar

inibaru.id - Kementerian Agama (Kemenag) melalui Ditjen Bimmas Islam akan gelar sidang Isbat sore ini Jumat, (26/5) untuk tetapkan awal puasa 1 Ramadan 1438 Hijriyah. Sidang yang dilaksanakan setelah melaksanakan salah Jumat bersama ini rencananya akan dilaksanakan di Auditorium HM Rasjidi, Kementerian Agama RI, Jalan MH Thamrin No 6, Jakarta.

“Sidang isbat awal Ramadan akan dilaksanakan pada Jumat 26 Mei 2017,” ujar Kamaruddin Amin Plt. Dirjen Bimas Islam usai rapat persiapan isbat awal Ramadan 1438 H di Jakarta Rabu, (17/5).

Sebelumnya proses sidang akan diawali dengan pemaparan posisi hilal awal Ramadan 1438 Hijriah oleh anggota tim Hisab Rukyat kementerian Agama yang di wakili Oleh Cecep Nurwendaya pukul 17.00 WIB.

Pantau 77 Titik

Sidang isbat dilanjutkan setelah melakukan salah Magrib berjamaan dengan dibuka oleh Menteri Agama Luqman Hakim Saifuddin dan dilajutkan pemaparan laporan data hisab dan pelaksanaan rukyatul hilal hasil melihat bulan. Proses rukyatul hilal sebelumnya telah dilaksanakan melalui pantauan 77 titik yang tersebar diseluruh Indonesia.

"Dalam menentukan awal puasa tahun ini, Kemenag akan memantau hilal pada 77 titik di seluruh Indonesia," kata Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kementerian Agama M. Thambrin dikutip laman kemenag.go.id yang diakses dari Jakarta, Jumat, (26/5).

Sidang isbat sore ini rencananya akan dihadiri pimpinan ormas Islam, Ketua Majelis Ulama Indonesia, Ketua Komisi VIII DPR RI, perwakilan dari 22 negara-negara sahabat dan sejumlah tokoh Islam.

Secara Tertutup

Sementara itu Kamarudin menjelaskan jika sidang isbat kali ini akan digelar secara tertutup melalui proses musyawarah untuk mengambil keputusan penentuan awal bulan puasa 1 Ramadan 1438 Hijriyah. Kemudian selanjutnya, hasil sidang isbat akan disampaikan kepada masyarakat melalui konferensi pers

"Sidangnya tertutup, sebagaimana isbat awal Ramadan dan awal Syawal tahun lalu. Hasilnya disampaikan secara terbuka dalam konferensi pers setelah sidang," pungkas Kamaruddin. (NA)